ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA PADA TEKS BIOGRAFI SISWA

  • Eka Aprilia Bahrum SMA Muhammadiyah Pangsid
  • Suardi Zain Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Suleha Ecca Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Nuraini Kasman
Keywords: kesalahan, menulis, tanda baca, teks biografi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang betujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan tanda baca yang ditemukan pada teks biografi yang ditulis oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Pangsid Kecamatan Maritengangae Kabupaten Sidenreng Rappang. Data diperoleh melaluiĀ  wawancara, tes tertulis, dokumentasi dan klasifikasi data kemuddian dianalisis dengan teknik pengodean (cooding), pendeskripsian tiap-tiap kesalahan, pengklasifikasian dengan menggunakan persentase, dan membuat kesimpulan mengenai kesalahan terbesar sampai yang terkecil. Kesalahan terbesar pada penggunaan tanda baca yang ditemukan pada tulisan siswa yaitu kesalahan pada penghilangan tanda titik di akhir kalimat pernyataan dengan persentase 37,77%.

References

Anwar, Efendi. 2008. Bahasa dan Sastra dalam Berbagai Perpekstif. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Arifin, EZ., dan Tassai SA. 2015 Cermat Berbahasa Indonesia Perguruan Tinggi. Jakarta: Akapres.
Hasrianti, A. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karangan Peserta Didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 213-222.
https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.618
Mawardi, Risal. 2019. Penelitian Kualtatif Pendekatan Grouded Theori. https://dosen.perbanas.id/penelitian-kualitatif-pendekatan-grounded-theory/ (diakses tanggal 12 Januari 2020).
Pujiatna, Tri. 2018. Penguasaan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Kemampuan Menulis Mahasiswa Baru Sebagai Bahan Penyusunan Silabus MKU Bahasa Indonesia Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon.Jurnal Pendidikan bahasadanSastraIndonesia.Vol5,No1http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.95 (diakses tanggal 12 Desember 2019).
Puspitasari, Yeti. 2014. Analisis Kesalahan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Pada Pragraf Deskriftip. Jurnal Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan.1-12, http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/25471/1/YETI%20PUSPITASARI-FITK.pdf (diakses tanggal 11 Desember 2020).
Ramdani., dan Dita Mulyani. 2016. Analisis kesalahan Penggunaan Tanda Baca Dalam Karangan Narasi. Jurnal Fakultas Bahasa Dan Sastra.1-10, http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4157 (diakses tanggal 12 Desember 2019).
Rajab, Ilmia. 2017. Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Menulis Teks Laporan hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pangkajenne Kabupaten Pangkep. Skripsi. Makassar: Program Strata 1 Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/5976/1/SKRIPSI%20ILMIA%20RAJAB.pdf (diakses tanggal 19 Januari 2020).
Rohimah, Ima. 2014. BUPENA Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
Published
2021-06-28
How to Cite
Bahrum, E., Zain, S., Ecca, S., & Kasman, N. (2021). ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA PADA TEKS BIOGRAFI SISWA. Cakrawala Indonesia, 6(1), 14-20. https://doi.org/10.55678/jci.v6i1.402
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.