FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA USAHA

  • Ayu Wulandary Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Jumariah Jumariah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Alfin Alfin Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: Abon Ikan, Kinerja Usaha, Orientasi kewirausahaan, UMKM, PLS

Abstract

Kinerja usaha merupakan salah satu tolak ukur dari orientasi kewirausahaan, sehingga adanya konsep orientasi kewirausahaan pada pelaku usaha merupakan hal yang penting dan akan berdampak pada kinerja usaha. UMKM di Indonesia hampir menguasai di sektor perikanan, pertanian dan peternakan. Salah satu yang banyak digeluti oleh sebagian masyarakat Indonesia adalah di bidang pangan. Industri rumahan abon ikan yang dijalankan oleh wirausaha di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, sebagian besar tidak mengalami adanya perkembangan terhadap usahanya. Maka dari itu penelitian ini sangat cocok untuk melihat bagaimana peningkatan kinerja usahanya dengan menggunakan teori dimensi orientasi kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis faktor organisasi dan faktor lingkungan terhadap pembentuk orientasi kewirausahaan untuk meningkatkan kinerja usaha abon ikan di Kota Makassar; (2) Menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan dalam meningkatkan kinerja usaha abon ikan di Kota Makassar.

Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan Mei 2017 di Kota Makassar. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner dengan responden 43 pelaku usaha abon ikan dan data sekunder diperoleh dari BPS, Dinas Koperasi dan UMKM dan Dinas Perikanan Kota Makassar. Metode analisis data yang digunakan daskriptif dan Partial Least Square. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukan faktor organisasi yang membentuk orientasi kewirausahaan yang memiliki sebaran paling tinggi, yaitu indikator kepemimpinan usaha, sedangkan untuk faktor lingkungan tidak ada indikator yang dominan. Hasil penelitian dari tujuan kedua menggunakan analisis Partial Least Square menunjukan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja usaha yang terdiri dari keinovatifan, proaktif dan agresivitas kompetitif.

Published
2021-06-25
How to Cite
Wulandary, A., Jumariah, J., & Alfin, A. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA USAHA. Jurnal Sains Agribisnis, 1(1), 47-55. Retrieved from http://jurnal.umsrappang.ac.id/jsa/article/view/267
Section
Articles