SOSIALISASI PENYEDIAAN PROFIL DAN POTENSI DESA PADA WEBSITE UNTUK MENUNJANG EFEKTIFITAS PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA

Main Article Content

Muhammad Rusdi
Sam Hermansyah

Abstract

Pada hakekatnya tujuan pembangunan suatu negara dilaksanakan untuk mensejahterakan masyarakat. Untuk mewujudkan tujuan tersebut dilaksanakan pembangunan nasional seutuhnya dan pembangunan masyarakat seluruhnya. Dalam merealisasikan tujuan pembangunan, maka segenap potensi alam harus digali, dikembangkan dan dimafaatkan sebaik-baiknya. Begitu pula dengan Potensi manusia berupa penduduk yang banyak jumlahnya harus ditingkatkan pengetahuan dan keterampilannya sehingga, mampu menggali, mengembangkan dan memanfaatkan potensi alam secara maksimal, dan pelaksanaan program pembangunan tercapai.


Penyelenggaraan pemerintahan desa Bolu Timoreng dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (pengelolaan Website) akan menciptakan suatu sistem informasi dan komunikasi berbasis teknologi informasi. Website dapat menjadi wahana pertanggung jawaban pemerintah desa atas penyelenggaraan pemerintahan, dan dapat diajadikan sebagai wahana penyajian profil dan potensi desa. Sehingga pemerintah dalam menyusun perencanaan pembangunan dapat tercipta perencanaan pembangunan dari pemeritah desa yang lebih baik. Website Desa merupakan wujud nyata dari implementasi pengelolaan informasi dan sarana interaksi dengan warganya, mendorong partisipasi masyarakat dan memungkinkan terjadinya transaksi, kolaborasi dan transformasi informasi dan teknologi sehingga akan mengurangi kesenjangan digital dan mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam penyusunan perencanaan pembangunan.


Pendataan Potensi desa di desa Bulo Timoreng dapat dikelolah ke dalam website, sehingga dihasilkan informasi penting berbasis wilayah untuk berbagai keperluan oleh berbagai pihak yang membutuhkan terutama profil dan Potensi desa digunakan untuk menyusun perencanaan pembangunan. Dengan melihat webside potensi desa pemerintah dapat merancanakan sebuah perencanan pembagunan dengan baik dan terarah.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.