Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Mendesain Bahan Ajar Berbasis Digital di SMAN 10 Sidrap

  • Suleha Ecca Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Hanafi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Jumiati Lanta Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Nadirah Nadirah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: bahan ajar digital, classroom, pelatihan

Abstract

Kegiatan ini dilakukan pada guru SMAN 10 Sidrap yang berjumlah 40 orang. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberi pelatihan dan pendampingan kepada guru sasaran dalam mendesai bahan ajar berbasis dengan berbantuan Aplikasi Classroom. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa persiapan, pelaksanana, dan evaluasi. Persiapan meliputi persiapan admisitrasi dan sosialisasi. Pelaksanaan meliputi pelatihan dan pendampingan pengoperasi aplikasi. Evaluasi dilakukan setelah kegiatan pelatihan dan pendampingan. Hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan guru dan hambatan yang dialami guru. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa guru telah mampu mendesain bahan ajar berbasis digital dengan bantuan aplikasi Classroom. Selain itu, kegiatan ini juga menghasilkan handout tentang cara pengoperasian Classroom.

References

Alperi, M. (2020). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, (1), 99-110.
Azhar, K. A., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google classroom: Teachers’ perceptions. Prizren Social Science Journal. 2(2), 52–66.
Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera (SATUNUSA).
Faisal, M., dkk. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Publikasi Pendidikan, 10 (3), 266-270.
Hamid, Moh. Sholeh. (2011). Metode Edutainment: Menjadikan Siswa Kreatif dan Nyaman di Kelas. Yogyakarta: Diva Press.
Kurniawan, B., & Purnomo, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online Bagi Guru Matapelajaran IPS. International Journal of Community Service Learning, 4(1), 1-9.
Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204-222.
Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif, MenciptakanMetode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
Sa’bani, F. (2017). Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP melalui kegiatan pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 13-22.
Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan “Menjadi Guru Pembelajar” (pp. 60-65). Jakarta: Keluarga Alumni Universitas Indraprasta PGRI.
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.
Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi, 13, 39-49.
Published
2020-12-25
How to Cite
Ecca, S., Hanafi, M., Lanta, J., & Nadirah, N. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Mendesain Bahan Ajar Berbasis Digital di SMAN 10 Sidrap. MALLOMO: Journal of Community Service, 1(1), 50-55. https://doi.org/10.55678/mallomo.v1i1.312
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.