SIKAP PETANI DALAM PENGELOLAAN HAMA PADI DI DESA PARIA, KECAMATAN DUAMPANUA, KABUPATEN PINRANG

  • Rifni Nikmat Syarifuddin Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: Pengelolaan Hama; Pestisida Kimia; Sikap Petani

Abstract

Swasembada pangan merupakan program pemerintah yang menjadi salah satu program yang prioritaskan oleh pemerintah dan saat ini masih terus diusahakan untuk mencapai target. Proses pencapaian swasembada pangan sangat perlu memperhatikan beberapa aspek yaitu aspek keselamatan, kesehatan, dan lingkungan dalam keseluruhan proses produksi sampai pemasaran dinilai dengan International Standardization Organization (ISO) yang dikenal dengan pendekatan sistem mutu dan keamanan pangan. Sehingga penulis ingin mengetahui sikap dan langkah petani dalam melakukan pengendalian hama padi di Desa Paria, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang. Desain penelitian yang digunakan yaitu adalah deskriftif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok tani di Desa Paria Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang yang berjumlah 525 orang dari 15 kelompok dan sampel yang digunakan yaitu sebanyak 53 orang dengan teknik random sampling. Teknik pengukuran untuk variabel penelitian menggunakan Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hama tanaman yang sering mengganggu pertanaman padi hamparan di Desa Paria, Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang yaitu keong mas, tikus, wereng, penggerek batang dan walang sangit dan Teknik pengendalian hama yang digunakan umumnya adalah dengan pestisida kimiawi.

 

 

References

Afandi, Yunus, M., Hasrianty. 2018. Intensitas Serangan Penggerek Batang Padi Putih (Scirpophaga innotata) Walker (Lepidoptera : Pyralidae) dan Musuh Alami pada Dua Tempat dengan Ketinggian yang Berbeda e-J. Agrotekbis 6 (4) : 413 - 420, Agustus 2018.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan Ketigabelas. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistika. 2015. Sulawesi Selatan dalam Angka. Makassar:BPS Provinsi Sulawesi Selatan.

Farista, B., E. R. G. Suripto, dan K. Sukenti. 2013. Konsorsium Tumbuhan Anti Moluska UntukKeong Mas Hama Tanaman Padi. Jurnal Biologi Tropis13(1):87-101.

Frost, M. 2001. Quality Criteria and Standards. Berlinickestr, Berlin, Germany. P. 113-121. Matthias.frost@bvl. Bund. De

Harahap, I. S., dan Tjahjono, B. 2004. Pengendalian Hama Penyakit Padi. Penebar Swadaya.Jakarta.114 hlm.

Wiresyamsi, A. dan H. Haryanto. 2008. Pengendalian Hama Keong Mas (Pomacea analiculata L.) denganTeknik Perangkap dan Jebakan.Crop Agro 1(2):137-142.

Yogi, Gustiardi. 2016. Tingkat Serangan Hama Tikus Sawah (Rattus argentiventer Rob. and Kloss) Pada Pertanaman Serentak dan Tidak Serentak di Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota (Diploma thesis, Universitas Andalas).
Published
2021-03-25
Section
Articles