PENINGKATAN PEMBELAJARAN TIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR SISWA KELAS VII.2 SMP NEGERI 2 PANCARIJANG

  • Aswadi Aswadi STKIP Muhammadiyah Rappang
  • Yusmah Yusmah STKIP Muhammadiyah Rappang
  • Andi Athirah Masyitah STKIP Muhammadiyah Rappang
Keywords: Pembelajaran, Media Kartu Bergambar

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Pembelajaran TIK dengan Menggunakan Media Kartu Bergambar Siswa Kelas VII.2 SMP Negeri 2 Panca Rijang”. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan menggunakan media kartu bergambar siswa kelas VII.2 SMP Negeri 2 Pancarijang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui “peningkatan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan menggunakan media kartu bergambar siswa kelas VII.2 SMP Negeri 2 Pancarijang.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian merujuk pada model Kurt Lewin yang terdiri atas empat komponen pokok penelitian tindakan kelas (PTK) yakni, perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting).Penelitian dilakukan pada semester I tanggal 30 November 2015 sampai tanggal 7 Desember 2015 berdasarkan surat izin sekolah tinggi dan penelitian ini dilaksanakan di kelas VII.2 SMP Negeri 2 Pancarijang.Subjek penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah siswa kelas VII.2 SMP Negeri 2 Pancarijang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 20 orang 10 perempuan dan 10 laki-laki. Sedangkan untuk objek yang akan diteliti adalah penerapan strategi pembelajaran dengan menggunakan media kartu bergambar untuk meningkatkan prestasi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Instrumen yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah : 1) Lembar kerja observasi; 2) Catatan lapangan; 3) Lembar tes prestasi; 4) Dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah analisis data secara analisis data deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terperinci. Data dalam penelitian ini berupa data hasil observasi tentang proses pembelajaran, hasil observasi, catatan harian, soal-soal. Data tambahan pertimbangan yang diperoleh yaitu dari dokumentasi.

References

Achsin,Amir. 1984. Media Pendidikan dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Makassar: IKIP.

Arikunto. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Bina Aksara.

Arsyad. 1997. Association of Education and Comunication Technology. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Gerlach,Ely. 1997. Media dan Sumber Belajar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hadi, Sutrisno.1987.Metodology Recearsh Jilid 1.Yogyakarta: Andi Offect.

Hamalik, Oemar. 1982. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.

Hidayahh, Nur. Makalah Perangkat Keras Komputer. http://hidayday.blogspot.com. Diakses pada tanggal 18 Februari 2013.

Raharjo.1991.Media dan sumber belajar.Malang: Arema.

Riyanto. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Rivai. 1987. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Angkasa.

Sadiman.1986.Media Pendidikan.Jakarta: Rajawali.

Soeparno. 1987. Media Pendidikan. Jakarta: Gramedia. Subyabto, 1993.Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: Gramedia.
Published
2017-05-01
How to Cite
Aswadi, A., Yusmah, Y., & Masyitah, A. (2017). PENINGKATAN PEMBELAJARAN TIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR SISWA KELAS VII.2 SMP NEGERI 2 PANCARIJANG. Cakrawala Indonesia, 2(1), 56-60. Retrieved from https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/100
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.