PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MICROSOFT POWER POINT SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 2 PANCA RIJANG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

  • M. Nurzin R. Kasau STKIP Muhammadiyah Rappang
  • Agussalim Agussalim STKIP Muhammadiyah Rappang
Keywords: Media Power Point, Pembelajara, Teknologi Informasi dan komunikasi

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Menggunakan Media Microsoft Power Point Siswa Kelas VIII-4 SMP Negeri 2 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendapatkan data tentang peningkatan pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan menggunakan media microsoft power point. 2) untuk mengetahui secara kongkrit tentang penggunaan media microsoft power point dalam mata pelajaran TIK. Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 2 Panca Rijang. Adapun subjek dari penelitian ini adalah tim peneliti, guru bidang studi dan siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 2 Panca Rijang Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 orang terdidri dari 10 laki-laki dan 13 perempuan. Sedangkan untuk objek yang diteliti  adalah penerepan strategi pembelajaran dengan menggunakan media microsoft power point mata pelajaran TIK. Instrumen yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah : 1) Lembar kerja observasi; 2) Catatan lapangan; 3) Lembar tes prestasi; 4) Dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik analisis yang digunakan adalah analisis persentase dengan kriteria siswa mampu mereduksi kesalahan sebesar 80 % dalam kemampuan siswa dalam menentukan fungsi Toolbar dan Submenu, tentu saja dimulai dari minat yang mempengaruhi pemahamannya.  Berdasarkan  hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media power point berhasil meningkatkan pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Panca Rijang.

References

Arief s. Sadirman. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Azhar Arsyad. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Gagne, R.M. (Ed.). 1987. Instructional Technology : Foundations. Hillsdale : LawrenceErlmaum Associates, Publishers.

Susilana dan Riyana. 2008. Media Pembelajaran. Bandung : Penerbit C.V. Sinar Baru Bandung.
Tim Penyusun TIK. 2007. LKS, Teknologi Informasi dan Komunikasi-SMP kelas VIII, Nganjuk: PT. Temprina Media Grafika.
Triasmono.2010. Efektivitas Media Presentasi Microsoft Power Point. http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi=4879. Diakses pada tanggal 11 September 2015.
Wikipedia. (2010). Buku digital [Online]. Tersedia di: http://id.wikipedia.org/wiki/buku-elektronik. Diakses tanggal: 10 September 2015.
Published
2017-05-01
How to Cite
Kasau, M., & Agussalim, A. (2017). PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MICROSOFT POWER POINT SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 2 PANCA RIJANG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. Cakrawala Indonesia, 2(1), 61-65. Retrieved from https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/101
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.