Pengembangan Media Pop Up Book (PUB) Dalam Upaya Mengoptimalkan Kemahiran Berbahasa di SD

  • Fera Oktafiani Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Mohamad Fatih Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Cindya Alfi
Keywords: cerpen anak, pengembangan, Pop Up Book

Abstract

Riset mengapliaksikan RnD, implementasi permodelan ADDIE (analyze-design-development-implementation-and-evaluation). Pemerolehan data-data ahli-ahli/pakar media/materi/bahasa, guru dan siswa sebagai responden. Verifikasi pakar-media 74% (v), pakar-materi 100% (sv), pakar-bahasa 76%% (v), diterapkan pada 11 siswa kelas 4 SDN Kendalrejo Blitar. Hasil kemenarikan media guru-siswa 100% (sangat menarik). Peningkatan keterampilan berbicara siswa didik meningkat dari pra-penerapan tuntas 27,27% menjadi 63,64% dan melonjak 90,91%. Disimpulkan apliaktif Pop-Up-Book (PUB) berfundamen STAD pembelajaran cerpen anak mampu memberi peningkatan wicara peserta didik kelas 4 Sekolah Dasar Negeri Kendalrejo Kabupaten-Blitar.

References

Akhirudin et al., (2019). Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang cemerlang Alfabeta.

Alviolita, N. W., & Huda, M. (2019). Media Pop Up Book dalam Pembelajaran Bercerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 49-57.

Andriyani, D., (2021). Pengembangan Media Gambar Berseri Berbasis Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN Arjowinangun (Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN).

Anggraini, Y., & Febrianto, P. T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Tema 7 Subtema 2 Kelas V UPTD SDN Gili Barat. In SEMINAR NASIONAL LPPM UMMAT (Vol. 1, pp. 477-487).

Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media Pop Up Book untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa di sekolah dasar. Edukatif: jurnal ilmu pendidikan, 3(1), 261-268.

Astuti, L. P. W., & Wiyasa, K. N., (2020). Model Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Pop Up Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Mimbar Ilmu, 25(3), 346-357.

Biduri, M., Sahrir, F., & Nurlina, N. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Tipe STAD Pada Murid Kelas VI UPTD SD Negeri 32 Tumampua VI. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 4960-4966.

Dewanti, H., Toenlioe, A. J., & Soepriyanto, Y., (2018). Pengembangan media Pop Up Book untuk pembelajaran lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN 1 pakunden kabupaten ponorogo. Jktp: jurnal kajian teknologi pendidikan, 1(3), 221-228.

Dewi, J. R. (2022). ..(Gunakan Ttd Asli Bukan Scan Pada Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi, Upload Ulang).. Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Kelas IV di MI Miftahul Ulum Kedungpanji 1 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Dhamayanti, A. K. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 1432-1437).

Hadi, S. (2020). Analisis Nilai Budi Pekerti Luhur Kumpulan Cerita Pendek Anak “Aku Anak Baik” Anisa Widiyarti. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(1), 98-112.

Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. JIPAI; Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1, 28-37.

Khamidah, A., & Yulia, N. K. T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Dalam Pembelajaran Bahasa Melalui Tema Binatang Untuk AnakUsia 4-5 Tahun Di Ra Bahrul Ulum Sawahan Turen- Malang. Juraliansi: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 2(1),8-17.

Lestari, F. D., & Sari, P. M. (2021). Media Pop-Up Book Berbasis Kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Daur Hidup Hewan. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 206-215.

Marselina, A., Mulyono, D., & Hajani, T. J. (2022). Penerapan Model STAD Berbantuan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 78 Lubuklinggau. LJLEL: Linggau Jurnal Language Education and Literature, 2(3), 67-76.

Murniati, M., & Anitra, R. (2019). Media Pop Up Book Sebagai Alat Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 63-68.

Ningsih, P. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD/MI (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Permana, B. P., Tsalatsa, A. N., & Untari, M. F. A. (2019). Kefektifan Model Student Teams Achivement Divison (STAD) Terhadap Keterampilan Berbicara. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(1).

Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137-152.

Putri, Vebionita Megi. (2020). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 3-4 Tahun Di TK Islam Al-Falah Kota Jambi. Program Studi PG-PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi

Rahman, S. (2022). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. In prosiding seminar nasional pendidikan dasar.

Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.

Rodhotul, I. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book untuk Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model ADDIE Pada Anak Usia Dini. Instruksional, 1(2), 122-130.

Rulyansah, A., Wardana, L. A., & Hasanah, I. U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Dengan Menggunakan Model Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 53-59.

Sumilat, J. M. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sisiwa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 865-870.

Suparsawan, I. K., & SD, S. P. (2020). Kolaborasi Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran STAD Geliatkan Peserta Didik. Tata Akbar.

Suriat, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 22-31.

Ulumiah, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Jawa Berbasis Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Kelas III MI Tarbiyatus Shibyan Kembiritan Genteng Banyuwangi (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Wangge, Y. S., & Sariyyah, N. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Tarian Gawi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (2), 1906-1913.

Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbasis media sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175-196.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal papeda, 4 (1).

Yusron, M., Puspita, A. M. I., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengaruh media Pop Up Book berbasis literasi digital untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas rendah. MADROSATUNA: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 39-45.

Published
2023-12-07
How to Cite
Oktafiani, F., Fatih, M., & Alfi, C. (2023). Pengembangan Media Pop Up Book (PUB) Dalam Upaya Mengoptimalkan Kemahiran Berbahasa di SD. Cakrawala Indonesia, 8(2), 202-218. https://doi.org/10.55678/jci.v8i2.1038

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.