Nilai Karakter Sastra Lisan Karomah Kiai Tombu dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra

  • Istiqomatul A'la Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang
  • Moh. Ahsan Shohifur Rizal Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang
  • Kholik Kholik Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang
Keywords: karomah, Kiai Tombu, nilai karakter, pembelajaran sastra lisan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganlisis nilai karakter dalam sastra lisan Karomah Kiai Tombu dan merelevasikannya dalam pembelajaran sastra di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan proses observasi, wawancara, perekaman, pencatatan, transkip dan transliterasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik pengkajian dokumen, dengan cara mencatat isi penting dalam dokumen dan mengkaji makna tersirat dalam dokumen dengan teliti dan kritis. Hasil dari penelitian ini adalah nilai karakter yang ada 18 nilai, nilai-nilai tersebut ada beberapa yang terdapat dalam sastra lisan karomah Kiai Tombu yaitu: nilai pendidikan karakter religius, tanggung jawab, toleransi, demokrasi, kreatif dan kerja keras. Keenam nilai pendidikan karakter tersebut direlevansikan dalam pembelajaran Sastra baik dalam proses pembelajaran, pengembangan bahan ajar dan konversi karya sastra. Peneliti merelevansikan dalam pembelajaran sastra kelas x materi hikayat kd 3.2 mengidentifikasi nilai-nilai dan karakteristik teks hikayat. Dalam penerapannya peneliti membuat modul ajar yang diadaptasi dengan pendidikan guna membangun dan membentuk  karakter peserta didik terutama nilai karakter yang terkandung dalam sastra lisan karomah Kiai Tombu.

References

Fakhrurozi, Jafar, Donaya Pasha, Jupriyadi Jupriyadi, and Intan Anggrenia. 2021. “Pemertahanan Sastra Lisan Lampung Berbasis Digital Di Kabupaten Pesawaran.” Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) 2(1):27. doi: 10.33365/jsstcs.v2i1.1068.

Febri Restu Widianto. 2019. “Pembelajaran Mengonversi Teks Cerita Pendek Ke Dalam Bentuk Puisi Dengan Menggunakan Metode Inkuiri.” Metamorfosis: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya 12(2):1–11.

Firmanda, Gusti Eka. 2018. “Struktur Dan Fungsi Sastra Lisan Masyarakat Senganan Kecamatan Sekadadu Hilir Kabupaten Sekadadu.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 7(3). doi: 10.55222/metamorfosis.v12i2.223.

Jaeka, Farida. 2022. “Revitalisasi Sastra Lisan Sasak Berbasis Komunitas: Pemodelan Bekayat Di Kalangan Pemuda Lombok.” Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan 7. doi: 10.55352/mudir.v3i1.138.

Magdalena, Ina, Tini Sundari, Silvi Nurkamilah, Dinda Ayu Amalia, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2020. ANALISIS BAHAN AJAR. Vol. 2.

Moh. Nasrul Amin. 2022. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Madrasah.” Darajat: Jurnal PAI 02:9–25.

Munir, Muhammad. 2020. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Sastra Lisan Pada Cerita Rakyat Abdurrahman Ganjurdi Desa Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten.” Skripsi 84.

Nugharani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.

Nurlaelah Mahmud, Sahid Teguh Widodo, Muhammad Rohmadi. 2023. "Yabelale Oral Literature in the Formation of Early Childhood Character". ICHSS EAI. http://dx.doi.org/10.4108/eai.17-12-2022.2335218.

Perdana, Indra, and Lazarus Linarto. 2021. “Tanuhui, Sastra Lisan Kalimantan Tengah Yang Mulai Dilupakan.” Cakrawala Indonesia 6(2):55–61. doi: 10.55678/jci.v6i2.540.

Putri, Cindy Mandasari. 2022. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Tradisi Slametan Wukon (Studi Kasus, Di Desa Kalikudi).” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Mi):5–24.

Rahma, Fitri. 2019. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Budaya Masyarakat Bugis.” Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam 11(1). doi: 10.30739/darussalam.v11i1.459.

Safriandi, Safriandi, Rani Ardesi Pratiwi, Syahriandi Syahriandi, and Radhiah Radhiah. 2022. “Sastra Lisan Aceh Ragam Prosa Di Kabupaten Aceh Utara.” Jurnal Bahasa Dan Sastra 16(1):52–59. doi: 10.24815/jbs.v16i1.23604.

Sudikan, Setya Yuwana. 2017. Metode Penelitian Sastra Lisan. Lamongan: Pustaka Ilalang Groub.

Widihastuti, Rahma Ari. 2021. “Revitalisasi Dan Perubahan Fungsi Sastra Lisan Dalam Komunitas Srandul Suketeki.” JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA 6(1):33. doi: 10.36722/sh.v6i1.440.

Yusmah, Saleh Firman, Andi Dwi Resqi Pramana, Nurlaelah Mahmud. 2022. "Pewarisan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sastra Lisan Yabelale dalam Masyarakat Bugis di Kabupaten Sidenreng Rappang". Prosiding Narasi 3 (PBSI UNM), 174-180.

Zuhri, Syaifudin, Moh Ah. san, and Shohifur Rizal. 2022. “( Tinjauan Sastra Lisan ).” Jurnal Tradisi Lisan Nusantara 2(4):55–66. doi: 10.51817/jsl.v1i1.142.

Published
2023-12-04
How to Cite
A’la, I., Rizal, M. A. S., & Kholik, K. (2023). Nilai Karakter Sastra Lisan Karomah Kiai Tombu dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra. Cakrawala Indonesia, 8(2), 130-142. https://doi.org/10.55678/jci.v8i2.1089

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.