Pemerolehan Kosakata dalam Aplikasinya Pendidikan Bahasa Anak di TK Ngesti Palupi Turi Sleman

  • Widya Tri Utomo
  • Linda Ardiya Waroka
  • Yeni Rahmawati Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
  • Andhika Djalu Sembada
Keywords: Pemerolehan Kosakata, Aplikasi, Pendidikan Bahasa Anak, Taman Kanak-Kanak

Abstract

Penelitian ini mengangkat pentingnya peran orang tua dalam membentuk karakter dan perkembangan anak. Anak diibaratkan sebagai amanat berharga yang harus dijaga dan dipandu oleh kedua orang tua. Penelitian ini berfokus pada pendidikan bahasa anak di lingkungan TK Ngesti Palupi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan kosakata bahasa Indonesia pada anak-anak TK tersebut. Data primer dan skunder dianalisis untuk memahami proses pemerolehan kosakata anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh lingkungan keluarga sangat penting dalam pendidikan bahasa anak. Anak cenderung meniru dan mempelajari kata-kata dari lingkungan sekitarnya, baik itu teman sebaya atau orang dewasa. Dalam beberapa kasus, anak-anak cenderung mengucapkan kata-kata tanpa makna yang benar karena hasil peniruan atau kesalahan pemahaman. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya komunikasi dalam keluarga sebagai faktor penentu dalam perkembangan bahasa anak. Orang tua memiliki peran besar dalam memberikan pendidikan bahasa anak melalui interaksi sehari-hari. Sikap dan pendekatan orang tua yang positif dapat memengaruhi perkembangan bahasa anak. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan perlunya komunikasi yang baik, penuh perhatian, dan pengarahan yang benar dari orang tua terhadap anak-anak mereka agar mampu mengembangkan keterampilan bahasa dengan baik.

References

Abd. Hakim Naba, & Nirwana, N. (2022). Peranan Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 4(2), 139–150. https://doi.org/10.59638/aijer.v4i2.369

Adha, R. (2022). Fenomena Pemerolehan Dan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jurnal Anifa: Studi Gender Dan Anak, 3(1), 17–31. https://doi.org/10.32505/anifa.v3i1.3769

Atalantha, A. F., Kurniawan, R., & E, P. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Membaca Kosa Kata untuk Anak Keterlambatan Bicara pada Paud Anak Ceria. Jurnal Desain, 9(3), 375. https://doi.org/10.30998/jd.v9i3.11819

Hafrison, M. (2022). Relevansi Rancang Bangun Metode Alamiah dalam Pembelajaran Bahasa Kedua untuk Anak Usia Dini. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 11(2). https://doi.org/10.24036/komposisi.v11i2.81

Limbal, O., Studi, P., Indonesia, S., Pascasarjana, P., Makassar, U. N., Limba, A. P. A. C., Pola, J., Orang, P., Bahasa, P., Sebuah, A., Psikolingusitik, K., & Pelita, J. (2022). PSIKOLINGUISTIK Pemerolehan bahasa , yaitu suatu proses dimana seorang anak pemula yang sedang belajar berbicara melalui bunyi-bunyi bahasa yang diucapkan pertama kali dari bahasa ibu al . 2016 ). Perkembangan bahasa anak dapat memiliki satu kata sederhan. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 163–170.

Marzuki, M., Amru, Nasir, & Habibah, U. (2022). Persepsi Mahasiswa terhadap penggunaan Film sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris di Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Lhokseumawe. Politeknik Negeri Lhokseumawe, 6(1), 200–205.

Ni Luh Nanik Puspadi, I. M. S. (2023). Language Acquisition Of Children Aged 2 Years 2 Months As A Study Of Phonological Aspects. Jurrnal Ilmu-Ilmu Pendidikan, 21(1), 90–104.

Oktaviani, A. N. H. N. A. (2023). Karakter, Pembentukan Dini, Anak Usia. Jurnal Pendidikan Mutiara, 7(2).

Syahfitri, D. (2019). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Tiga Tahun. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu ….

Taembo, M., Sari, M. P., & Rahman, B. (2023). Peran dan Sosialisasi Bahasa Daerah Melalui Dunia Digital Pendidikan. Journal Of Education For All, 1(April 2023), 127–135.

Utomo, W. T., Sembada, A. D., & Muharam, R. S. (2021). Jurnal Edusciense Kesantunan Mahasiswa Dalam Berbahasa Indonesia Di Media Sosial : Jurnal Edusciense. Jurnal Edusciense, 8(1), 39–46.

Published
2023-12-07
How to Cite
Utomo, W., Waroka, L., Rahmawati, Y., & Sembada, A. (2023). Pemerolehan Kosakata dalam Aplikasinya Pendidikan Bahasa Anak di TK Ngesti Palupi Turi Sleman. Cakrawala Indonesia, 8(2), 196-201. https://doi.org/10.55678/jci.v8i2.1129

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.