Penindasan dan Dampak Eksistensi Perempuan dalam Novel Nayla Karya Djenar Maesa Ayu (Feminisme Marxis)

  • Amanah Malik Universitas Negeri Makassar
  • Aslan Abidin Universitas Negeri Makassar
  • Suarni Syam Saguni Universitas Negeri Makassar
Keywords: dampak eksistensi, Feminisme Marxis, novel, penindasan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penindasan perempuan, dan dampak penindasan terhadap eksistensi perempuan, dalam novel Nayla yang dikaji menggunakan teori feminisme Marxis. Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan pembaca mengenai penindasan dan dampak penindasan perempuan terjadi di lingkungan pada umumnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu cetakan ke-4 tahun 2005 oleh Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, dengan ketebalan 180 halaman. Hasil dari penelitian ini, ditemukan bentuk penindasan perempuan berupa penindasan yang berkaitan dengan kapitalisme menganggap bahwa adanya penindasan diakibatkan karena perempuan sebagai objek penguasa seperti perempuan kelas kedua, perbudakan, pelayanan paksa, pemanfaatan fisik, dan perempuan sebagai organ reproduksi. Selain itu, adanya perempuan sebagai objek komoditi seksual seperti perempuan sebagai pelacur, dan perempuan sebagai properti. Dampak penindasan terhadap eksistensi perempuan menimbulkan alienasi berupa keterasingan dalam diri perempuan seperti perempuan terasingkan pada pekerjaannya, terasingkan pada diri sendiri, terasingkan pada orang lain dan terasingkan pada kemanusiaannya.

References

Ayu, D. 2005. Nayla. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dewi, Rosita, Agoes Hendriyanto, dan Sri Pamungkas. 2019. “Kedudukan Perempuan Dalam Novel Sehidup Sesurga Denganmu Karya Asma Nadia.” Repository STKIP PGRI Pacitan. 1-9.

Ernawati. 2015. Feminisme Dan Sosialisme Menjelaskan Penindasan Perempuan Dari Perspektif Marxisme. Yogyakarta: Penerbitan Bintang Nusantara.

Fakih, M. 2020. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: INSISTPress.

Hasibuan, Mila Nirmala Sari. 2020. “Kajian Semiotik Dalam Puisi Ketika Engkau Bersembahyang Karya Emha Ainun Najib.” Jurnal Education and Development 8(2): 26–26.

Lafamane, Felta. 2020. Karya Sastra (Puisi, Prosa, Drama). preprint. Open Science Framework. doi: 10.31219/osf.io/bp6eh.

Rustandi, Y., & Septriani, H. 2021. Penguatan Jati Diri Bangsa Indonesia Melalui Cerpen Anak ‘Ulin Di Monumén’Karya Tetti Hodijah. Cakrawala Indonesia, 6(2), 72–79. https://doi.org/10.55678/jci.v6i2.541.

Sahwamah, Eva. 2016. “Analisis Kesenjangan Kelas Sosial Dalam Novel Sekuntum Nozomi 3 Karya Marga T Perspektif Marxisme.” Universitas Mataram, Makassar.

Sari, Thereshya Novita. 2021. “Perjuangan Tokoh Perempuan Dalam Novel Nayla Karya Djenar Mahesa Ayu.” 1(2).

Sriwahyuni, Indah, dan Yasnur Asri. 2020. “Kritik Sosial Dalam Novel Nayla Karya Djenar Maesa Ayu.” Pendidikan Bahasa Indonesia 9(1):90-96.

Tong, R. 1998. Feminist Thought (diterjemahkan oleh Aquarini Priyatna Prabasmoro). Yogyakarta: Jalasutra.

Wiyatmi. 2012. Kritik Sastra Feminis Teori dan Aplikasinya dalam Sastra Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Zuhri, S., & Amalia, D. 2022. Ketidakadilan gender dan budaya patriarki di kehidupan masyarakat Indonesia. Murabbi, 5(1).

Published
2023-11-22
How to Cite
Malik, A., Abidin, A., & Syam Saguni, S. (2023). Penindasan dan Dampak Eksistensi Perempuan dalam Novel Nayla Karya Djenar Maesa Ayu (Feminisme Marxis). Cakrawala Indonesia, 8(2), 96-105. https://doi.org/10.55678/jci.v8i2.1158

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.