Analisis Kesalahan Ejaan Pada Makalah Mahasiswa Semester V Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia
Abstract
Tujuan penelitianĀ untuk menganalisis kesalahan penggunaan Ejaan pada makalah mahasiswa semester V Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang fokus meneliti penggunaan tanda baca dan Ejaan kebahasaan. Data diperoleh dari makalah mahasiswa semester V Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi dokumen resmi internal, kemudian data diolah dengan teknik analisis deskriftif . Hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan berbahasa dari segi ejaan (huruf kapital, huruf miring, danĀ tanda baca). Berdasarkan data kesalahan ejaan yang ditemukan, masih banyak kesalahan penulisan tanda koma dalam pendahuluan makalah mahasiswa letak kesalahan tidak menggunakan tanda koma sebelum kata dan seharusnya jika lebih dari dua unsur maka harus diberi sisipan tanda baca koma. Menurut panduan hal tersebut tidak dibenarkan karena tidak mengikuti panduan penulisan yang benar.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication