Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran di SMPN 1 Panca Rijang (Kajian Pragmatik)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kesantunan dan bentuk nilai dalam pembelajaran di SMPN 1 Panca Rijang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif untuk mendeskrikan data berupa bentuk kesantunan dan bentuk nilai dalam pembelaran di SMPN 1 Panca Rijang. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 6 kelas pada kelas IX SMPN 1 Panca Rijang dan sampel penelitian ini terdiri dari kelas IX1-IX2. Yang Jumlah keseluruhan Siswanya 51. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik observasi, dokumentasi, catat dan video, setelah itu di lanjutkan dengan menganalisis data yang ditemukan. Berdasarkan hasil analisis data mengenai Bentuk kesantunan berbahasa dalam interaksi dari guru ke siswa yang berwujud tuturan deklaratif menaati maksim kearifan, pujian, dan kemufakatan; tuturan interogatif menaati maksim kearifan dan pujian; tuturan imperatif menaati maksim kearifan; tuturan ekslamatif menaati maksim kearifan.sedangkan Bentuk kesantunan berbahasa dalam interaksi dari siswa ke siswa yang berwujud tuturan deklaratif menaati maksim kearifan, kedermawanan, pemufakatan, dan simpati; tuturan interogatif menaati maksim kearifan dan simpati; tuturan imperatif menaati maksim kearifan; tuturan ekslamatif menaati maksim kearifan.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication