Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Pembeajaran Bahasa Indonesia

  • Nurlaelah Mahmud Universitas Muhammadiyah Rappang
  • Mutmainnah Mutmainnah
  • Suardi Zain
  • Suhartini Khalik
  • Kamal Kamal
Keywords: Model Pembelajaran, Kooperatif tipe make a match, Bahasa Indonesia

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa. Penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas (PTK) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran tipe Make A Match dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SDN 63 Santunan yang berada di kecamatan maiwa kabupaten enrekang dengan subjek penelitian terdiri dari 28 Siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian in adalah kuantitatif untuk mengukur hasil belajar dengan melihat peningkatan melalui tes tertulis (test). Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah Observas,i Tes, dan Angket. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Make a Match mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran dengan tidak menggunakan model kooperatif tipe make a match.

Published
2025-03-22
How to Cite
Mahmud, N., Mutmainnah, M., Zain, S., Khalik, S., & Kamal, K. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Pembeajaran Bahasa Indonesia. Cakrawala Indonesia, 9(2), 237-247. https://doi.org/10.55678/jci.v9i2.1254

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.