Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Pembeajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa. Penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas (PTK) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran tipe Make A Match dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SDN 63 Santunan yang berada di kecamatan maiwa kabupaten enrekang dengan subjek penelitian terdiri dari 28 Siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian in adalah kuantitatif untuk mengukur hasil belajar dengan melihat peningkatan melalui tes tertulis (test). Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah Observas,i Tes, dan Angket. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Make a Match mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran dengan tidak menggunakan model kooperatif tipe make a match.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication