Analisis Makna Narasi dan Ilustrasi dari Perspektif Gender pada Buku Tematik Terpadu Siswa Kelas I Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar

  • Ismail Yakub Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin
  • Nurhayati Rahman Universitas Hasanuddin
  • Mardi Ardi Armin Universitas Hasanuddin
Keywords: Makna, Narasi, Ilustrasi, Gender, Buku Tematik, Kurikulum 2013.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna narasi-narasi dan ilustrasi gender yang terdapat dalam buku tematik terpadu siswa kelas I pada kurikulum 2013 di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, observasi, dokumentasi dan catat. Dalam pengelolahan data menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori Semantik dan Nature. Hasil menunjukkan Makna ilustrasi dan narasi dalam perpektif gender dapat berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar siswa pada buku tematik terpadu siswa kelas I pada kurikulum 2013 di sekolah dasar. Penggunaan metode yang tepat dan melibatkan semua siswa, pengelolaan kelas seperti pembagian tempat duduk wali kelas membagi secara acak tanpa melihat jenis kelamin dan prestasi siswa dan melakukan pergantian setiap bulan sekali agar siswa tidak merasa jenuh, dan pergaulan siswa khususnya yang terjadi di luar kelas terjadi interaksi antar siswa. Siswa laki-laki biasanya bermain dengan sesama gender sedangkan begitupula pada siswa perempuan yang bermain bersama teman perempuan untuk mempermudah para siswa memilih permainan yang siswa lakukan. Fator-faktor yang dapat memengaruhi perkembangan pendidikan dan karakter anak untuk menghindari bias gender dengan memperkenalkan pendidikan terhadap kesadaran gender terhadap anak-anak sejak dini, hal ini karena ditahun-tahun pertama kehidupan dan menanamkan nilai-nilai dan karakter yang dinilai baik di masyarakat.

Published
2024-05-31
How to Cite
Yakub, I., Rahman, N., & Armin, M. (2024). Analisis Makna Narasi dan Ilustrasi dari Perspektif Gender pada Buku Tematik Terpadu Siswa Kelas I Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Cakrawala Indonesia, 9(1), 19-38. https://doi.org/10.55678/jci.v9i1.1258
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.