KEMAMPUAN MEMAHAMI WACANA EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANCA LAUTANG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan kemampuan memahamiwacanaeksposisi dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan memahamiwacana eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panca Lautang Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panca Lautang sebanyak 107 orang siswa. Sampelnya ditarik sebesar 25% dari total populasi sebanyak 27 orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, tes, dan angket siswa. Data yang terkumpul melalui tes dianalisis dengan teknik statistik deskriptif, sedang data yang diperoleh melalui angket dianalisis dengan teknik frekuensi persentase. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk teks yang di bagikan pada siswa yang berisi soal esai sebanyak sepuluh nomor. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dari 27 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panca Lautang yang menjadi sampel penelitian, sebanyak 24 orang atau sebesar 88,9 % yang memperoleh nilai 65 ke atas dan sebanyak 3 orang atau 11,1% yang memperoleh nilai kurang dari 65.Dengan demikian, secara keseluruhan dapat dijelaskan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panca Lautang mampu memahamiwacanaeksposisi karena sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan dalam standar kompetensi yakni minimal 85% siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas dari skala 10-100. Hasil analisis angket menyimpulkan bahwa banyak faktor yang menunjang keberhasilan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panca Lautang Kabupaten Sidenreng Rappang dalam memahami wacana eksposisi.
References
Burns, dkk.1996. Teaching Reading in Todys’s Elementary School. Chicago: Rand Mc. Nally College Publising Company.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta. Depdiknas.
Chalila. 2013. “Kemampuan Menyimak Wacana Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Bilokka Kecamatan Panca Lautang Kabupaten Sidenreng Rappang”. Skripsi. Rappang: STKIP Muhammadiyah Sidenreng Rappang.
Iskandarwassid, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa.Bandung: Rosdakarya.
Kerap. 1981. Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa.
Nurhadi.1987. Membaca cepat dan Efektif.Bandung : Sinar Baru
----------.1989. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: CV Sinar Baru.
Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Slamet, Ahmad Harjasujana dan Mulyati. 1996. Membaca II. Jakarta : Depdiknas.
Suditomo, Anas.1984. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Tampubolon. 1987. Kemampuan Membaca. Bandung: Angkasa.
Tarigan , Henry Guntur. 1983. Membaca Ekspresif. Bandung: Angkasa.
-------------.1984. Membaca Sebagai Satuan Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
-------------.1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Bebahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Wiryodijoyo, suwaryono. 1989. Membaca: Strategi Pengantar dan Tekniknya. Jakarta: Depdikbud.
Zaenab. 2012. “Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang”. Skripsi. Rappang: STKIP Muhammadiyah Sidenreng Rappang.
http://cumanulisaja.blogspot.com/2012/08/membaca-pemahaman.html, diakses 5 September 2014. Pada pukul 15.45 WITA.
http://jaririndu.blogspot.com/2011/12/jenis-wacana-tulis.html, diakses 23 september 2014. Pada pukul 14.30 WITA.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication