Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Bercerita Melalui Penerapan Metode BB Siswa Kelas II SDN 189 Bukit Baringeng
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (SD) pada siswa kelas II di SDN 189 Bukit Baringeng, tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Metode Bermain dan Bercerita (BB) dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama, ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 36,84%, dengan nilai rata-rata kelas sebesar 65,21. Meskipun aktivitas siswa dan guru tergolong cukup aktif, masih terdapat kekurangan dalam mencapai indikator keberhasilan. Namun, pada siklus kedua, terjadi peningkatan signifikan, di mana 17 dari 19 siswa mencapai nilai ≥70, dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 89,47%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan metode BB efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas II.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication