Aplikasi Spider Web Expansion dalam Mengembangkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris

  • Maemuna Muhayyang Universitas Negeri Makassar
Keywords: Penguasaan Kosakata, Spider Web Expansion, Aplikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengembangan penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik MTsN Ma’rang, Pangkep yang meliputi kemampuan mereka melafalkan dan mengucapkan, mengetahui makna kata, membuat frase kata benda dan menggunakannya dalam konstruksi kalimat sederhana, serta memilih kata dan kalimat bahasa Inggris yang gramatikal melalui aplikasi   teknik Spider-Web Expansion, dan (2) sikap mereka terhadap implementasi teknik ini. Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 fase, yaitu perencanaan, tindakan, refleksi, dan observasi dengan teknik penyampelan purposif di mana satu (1) kelas peserta didik kelas 7 MTsN Ma’rang, Pangkep yang terdiri atas 23 orang sebagai subjek penelitian. Sumber data penelitian ini adalah tes kosakata, diari, observasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Spider Web Expansion dapat mengembangkan penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik kelas 7 MTsN, Ma’rang Pangkep yang meliputi penguasaan pengejaan dan makna kata, penyusunan frase kata benda dan penggunaannya dalam kalimat sederhana, serta pemilihan kata dan kalimat yang gramatikal dibuktikan oleh hasil pra dan pasca tes (5.27 dan 6.26) dan data frekuensi dan persentase masing-masing komponen tersebut; dan peserta didik memiliki sikap positif terhadap penerapan teknik Spider Web Expansion dalam belajar kosakata bahasa Inggris karena tiga alasan yang jelas, yaitu (a) Mengasah pikiran, menyenangkan dan kolaboratif, (b) Menambah kemampuan bahasa Inggris mereka, pencarian kata demi kata, dan (c) Mudah dimengerti dan kritis. Berdasarkan temuan penelitian ini, Disimpulkan bahwa Spider Web Expansion bisa diaplikasikan dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris.

Published
2024-06-01
How to Cite
Muhayyang, M. (2024). Aplikasi Spider Web Expansion dalam Mengembangkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris. Cakrawala Indonesia, 9(1), 48-60. https://doi.org/10.55678/jci.v9i1.1405
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.