Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Ceramah Bermuatan Pendidikan Karakter Toleransi

  • Faizatul Lailiyah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Lailiyatus Sa’diyah
  • Agus Hermawan
  • Saptono Hadi
Keywords: Bahasa Indonesia, Ceramah, Karakter, Teks

Abstract

Integrasi bahan ajar menulis teks cermah yang berisi muatan-muatan praktisi pendidikan karakter bertoleransi akan menjadi ekosistem berbudaya, literasi pengembangan gagasan-gagasan yang tidak hanya memperkuat keterampilan berbahasa, akan tetapi akan mendorong bernalar kritis. Penetapan pengambangan bahan ajar ini berlandaskan riset R & D dengan menerapkan kinerja 4D Model, sebuah desain dan pengembangan teks. Berdasarkan hasil akhir kajian didapatkan pemerolehan 5 ahli kepakaran didapatkan kelayakan bahan ajar pada standar penilaian 92%, maknanya bahan ajar setelah mendapatkan masukan sangat layak digunakan di kelas. Realitas penerapan kepada 20 santri MA Bustanul Muta’allimin menunjukkan hasil 86% sangat menarik, sehingga keberadaan ekosistem pembelajaran mendorong peningkatan pembelajaran, keterampilan berbahasa semakin meningkat, terutama aspek keterampilan berbicara dan keterampilan menulis siswa yang mendorong hasil belajar membaik. Kriteria peningkatan tersebut berdasarkan kajian kriteria ketuntasan hasil belajar siswa dari awal sebelun penerapan angka ketuntasan 27,27% melonjak pada angka 64% dan pada terapan ketiga 90,91% tuntas, sehingga pengembangan dikatakan berhasil.

References

Akhir, M. (2020). Materi Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Karakter. Penerbit Adab.

Ansori, R. W. (2021). Ancangan Indonesia Emas 2045 dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Terbitan Kementerian, Pendidikan, dan Kebudayaan Tahun 2017. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 5(4), 551-557.

Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2022). AZ Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif: Untuk Guru, Dosen, dan Mahasiswa. Penerbit Andi.

Budiwiyono, T. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 3 Tanjungpinang. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 2(2).

Darmiyati Zuchdi, E. D. (2023). Humanisasi pendidikan: menemukan kembali pendidikan yang manusiawi. Bumi Aksara.

Farhana, I. (2023). Merdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka: Memahami konsep hingga penulisan praktik baik pembelajaran di kelas. Penerbit Lindan Bestari.

Farida, A. (2023). Pilar-pilar Pembangunan Karakter Remaja: Metode Pembelajaran Aplikatif untuk Guru Sekolah Menengah. Nuansa Cendekia.

Hadi, S., & Chairyadi, E. (2022). Bimbingan Teknis Kepenulisan Karya Ilmiah Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Proposal Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(2), 77-86.

Hadi, S., Chairyadi, E., Fatria, N. A. E., Hermawan, A., Narendra, R., Swastika, G. T., ... & Sa'diyah, L. (2023). Bimtek: Otomasi Format Kepenulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Meningkatkan “Learn To Do”(Studi Abdi: Menulis Ilmiah Mahasiswa-Mahasiswa Unu Blitar). Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 5(2), 228-236.

Hadi, S., Hastuti, B., & Suryaningtyas, R. (2019, September). The preparation and characterization of cellulose derivative membrane as matrix for sustained release formulation. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 617, No. 1, p. 012011). IOP Publishing.

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara, 2(2), 180-187.

Nabilah, H., & Faznur, L. S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Teks Ceramah Bertema Lingkungan Sosial Berbasis Lectora Inspire. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 439-450.

Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.

Rosyada, M. F., & Septiana, I. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Ceramah Bertema Budaya Kerja 5R Menggunakan Metode Pembelajaran Resitasi Untuk Smk Di Kabupaten Pekalongan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 1492-1501.

Runtu, P. S., & Kalalo, R. R. (2021). Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Penerbit NEM.

Sa’diyah, L. (2019). Deiksis pada Wacana Sastra Cerpen Bermuatan Kearifan Lokal Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 4 (4), 464-472.

Sa'diyah, L., & Hadi, S. (2023). Kontruksi dan Dampak Pemeliharaan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Budaya Pesantren dan Budaya Jawa di Madrasah Aliyah. SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies, 3(2), 53-58.

Sa'diyah, L., & Hadi, S. (2023). Kontruksi dan Dampak Pemeliharaan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Budaya Pesantren dan Budaya Jawa di Madrasah Aliyah. SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies, 3(2), 53-58.

Sadiyah, L., & Utami, S. (2021). (Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (Ukbm) Teks Anekdot Berbasis Higer Order Thinking And Skill HOTS) untuk SMA. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 6(1), 1-10.

Safina, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Media Interaktif Materi Teks Ceramah Kelas XI. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 3(1), 73-80.

Saputra, E. (2023). Pengembangan E-Modul Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Materi Teks Ceramah Kelas XI IPA SMAS Al Washliyah Pasar Senen (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara).

Suparsawan, I. K., & SD, S. P. (2020). Kolaborasi Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran STAD Geliatkan Peserta Didik. Tata Akbar.

Susanti, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas XI SMA.

Wafiah, S., Suwandi, S., & Maharani, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Publik melalui Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Ceramah bagi Siswa SMA Kota Semarang. Mu'ashir: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 1(2), 289-326.

Published
2025-03-24
How to Cite
Lailiyah, F., Sa’diyah, L., Hermawan, A., & Hadi, S. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Ceramah Bermuatan Pendidikan Karakter Toleransi. Cakrawala Indonesia, 9(2), 257-267. https://doi.org/10.55678/jci.v9i2.1463

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.