PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PENGUATAN SELF-EFFICAY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA (STUDI SISWA SDN SAWENTAR 01 KABUPATEN BLITAR)
Abstract
Pengembangan Media Scrapbook Penguatan Self-Efficacy Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa (Studi Siswa SDN Sawentar 01 Kabupaten Blitar). Tujuan riset mengembangkan media, langkah R & D, model Addie, eksperiment 11 anak SD Sawentar, kelas 4. Ditinjau pakar validator (V1) media, (V2) materi, (V3) bahasa, (KG) kemenarikan guru, (KS) kemenarikan siswa. Hasil pengembangan, penilaian kelayakan instrument V1 (82,5%), V2 (87,5%), dan V3 (92,5%), KM (100%), dan KS menghasilkan angka Cronbah’s Alph 0,890, penanda layak dipergunakan. Hasil validator produk V! (87,5%), V2 (87,5%), dan V3 (93,7%), dengan KG (100%). Implementasi media scrapbook meningkatkan keterampilan berbahasa siswa ketika self-efficacy mendorong sikap kepribadian siswa, hasil belajar dari 27,3% meningkat 63,5% diimplementasi kedua dan melonjat ketnilai 90,90 pada terapan ketiga, sehingga media layak dikembangkan karena telah mampu mendorong selff-efficacy yang berimbas semangat belajar tinggi, menciptakan motivasi kuat untuk belajar, hasil belajar membaik, hasil meningkat baik kopgnitif, afektif, maupun psikomotorik
References
Abdullah, M. (2022). Lembaga Pendidikan Sebagai Suatu Sistem Sosial (Studi Tentang Peran Lembaga Pendidikan di Indonesia Dalam Perspektif Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional). Mamba'ul'Ulum, 38-48.
Alfi, C., & Perdana, K. R. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Blended Learning pada Mahasiswa PGSD UNU Blitar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 4(4), 539-547.
Alfi, C., & Wibangga, D. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dengan Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMAN 2 Malang. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 7(4), 768-776.
Alfi, C., & Wibangga, D. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dengan Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMAN 2 Malang. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 7(4), 768-776.
Alfi, C., Fatih, M., Rofiah, S., Muqtafa, M. A., Khomaria, A., Restiani, U., ... & Umah, N. B. (2023). Penguatan Karakter Gotong Royong Profil Pelajar Pancasila Melalui Service Learning Di TPQ Mambaul Huda Kedawung Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 5(1), 148-154.
Amalina, A. F. (2020). Pengembangan Media Scrapbook Dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. ., 1(5), 468-478.
Amar, M. F. (2024). Peran Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pendidik Dalam Menumbuhkan Self-Efficacy. Aafiyah: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(01), 1-13.
Anggriyani, F. C. W. (2024). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. AL AMIYAH: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(01), 65-76.
Bella Nandita Indah, P., Dodik Eko, Y., & Ach Munawi, H. Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sdn 5 Patokan Dan SDN 9 Patokan Tahun Ajaran 2022/2023.
Calicchio, S. (2023). Albert Bandura dan faktor efikasi diri: Sebuah perjalanan ke dalam psikologi potensi manusia melalui pemahaman dan pengembangan efikasi diri dan harga diri. Stefano Calicchio.
Farida, S., & Sandra, M. K. (2023). Systematic Literature Review: Pembelajaran PPKn Pada Materi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. SNHRP, 5, 1540-1547.
Fatih, M. (2023). Pengembangan Komik Narasi untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis dan Membaca Siswa Kelas V SDN Sananwetan 3 Kota Blitar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 8(3), 551-566.
Fatih, M. (2023). Pengembangan Komik Narasi untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis dan Membaca Siswa Kelas V SDN Sananwetan 3 Kota Blitar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 8(3), 551-566.
Fatih, M., & Alfi, C. (2023). Pengembangan Media 3D Berbasis Augmented Reality Menggunakan PBL Materi Penggolongan Hewan untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Kelas V SD. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 59-72.
Fatih, M., & Firdaus, S. P. (2022). Development Of Kubbis Interactive Multimedia (Diversity Characteristics Of Religions With The Assistance Of Ispring Suite) To Improve Motivation And Independence Of Learning (2nd Grade Students at SDN Sentul 4 Kota Blitar). In International Seminar On Islamic Education & Peace (Vol. 2, pp. 240-252).
Fatih, M., Khomaria, A., Aswitama, L. D., Al Latif, N., & Hidayat, M. M. (2023). Flip Book Digital Berbasis Aughmented Reality Materi Balok dan Kubus Siswa Kelas V SDN Sumberjo 01 Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 7(3), 524-532.
Fatih, M., Khomaria, A., Aswitama, L. D., Al Latif, N., & Hidayat, M. M. (2023). Flip Book Digital Berbasis Aughmented Reality Materi Balok dan Kubus Siswa Kelas V SDN Sumberjo 01 Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 7(3), 524-532.
Fauziah, A. Z. (2023). Implementasi Pembelajaran PKN dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 19-24.
Hanif, M. H. R., & Suci, A. S. A. A. (2024). Peranan Media Pembelajaran Terhadap Minat Siswa Dalam Pembelajaran PPKN. SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kewarganegaraan), 3(1), 17-26.
Hidayanti, N. (2023). Implikasi Self Efficacy Albert Bandura Dalam Pendidikan Agama Islam. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(4), 1626-1636.
Kandia, I. W. (2023). Sejarah Perjalanan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kurikulum Di Indonesia. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(2), 65-75.
Khairiyah, N., Salsabilla, K., Siregar, P. A., Wahyudi, Z. Z., & Sembiring, K. A. B. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 52-64.
Kurniawan, C. A. (2023, May). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Transformasi Pendidikan Di Era Society 5.0. In Prosiding Dewantara Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 02).
Liklikwatil, N., Nazmi, R., Sepriano, S., & Nurcahyani, D. (2023). Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Lili Rahmawati, K. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sains Big Scrapbook Tema 7 Subtema 3 Pada Siswa Kelas IV SD Patra Dharma Tarakan . Biopedagogia, Vol. 3 (1) Hal. 43-56 .
Marhaenenti, S., & Trisiana, A. (2023). Best Practice Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Unisri Press.
Mulyah, S., & Khoiri, Q. (2023). Kebijakan Pemerintah terhadap Pendidikan Inklusif. Journal on Education, 5(3), 8270-8280.
Musbikhin, M. (2023). Pengaruh Self Efficacy terhadap Kepercayaan Diri pada Siswa. Al-Ihath: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 3(1), 34-48.
Nurrohmah, F. I., Trisiana, A., Wati, I. I., Anastia, E., Putri, N. N. N., Balqis, S. L., & Hapsari, A. M. (2023). Tantangan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Pendidikan Kewarganegaraan (Konsep Teoritis Dan Best Practice). Unisri Press.
Puriasih, K. A., & Putra, M. (2021). Pengembangan Media Scrapbook Model Dick and Carey Berorientasi Cerita Rakyat pada Muatan Pelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 260-269.
Rahayu, A. S., IP, S., & AP, M. (2024). Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (PPKn)(Edisi Kedua). Bumi Aksara.
Rahayu, R. S., Sofyan, D., & Nurlela, E. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Scrapbook Pada Keterampilan Menulis Narasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV A dI SD Negeri Julang Kota Bogor. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 1921-1929.
Revalina, A., Moeis, I., & Indrawadi, J. (2023). Degradasi Moral Siswa-Siswi Dalam Penerapan Nilai Pancasila Ditinjau Dari Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 24-36.
Satriawan, M. J., Padlurrahman, P., & Mohzana, M. (2023). Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman, Penguasaan Kosa Kata Dan Sikap Bahasa Dengan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Di Sekolah Dasar. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 352-360.
Sofha, G. F., Nabila, I., Yusriyyah, M. Z., & Annisa, N. (2023). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembangunan Karakter Bangsa. Advances In Social Humanities Research, 1(4), 408-420.
Susanto, D., Kom, M. I., Nurmiati, S. P., & Kons, M. P. (2023). Strategi Pembelajaran Karakter. CV. AZKA PUSTAKA.
Syafitri, A., Atariq, D., & Saputri, R. E. (2024). Pengaruh Self-Regulation Learning Dan Self-Efficacy Terhadap Prestasi Akademik. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(6), 81-90.
Tamara, D. F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Pjbl Terintegrasi Stem Terhadap Self Efficacy Dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Perubahan Lingkungan (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 2 Ciamis, Tahun Pelajaran 2023/2024) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Telussa, J., Walakula, J., Damo, A., Muskitta, A., & Abrahams, A. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. DIDAXEI, 4(1), 466-488.
Utaminingsih, S., Agustini, F., & KHB, M. A. (2019). Pengembangan Media Scrap Book Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 3 Pekerjaan Orang Tuaku. Jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan, 3(2), 64-70.
Veronica, I., Subekti, E. E., & Tsalatsa, A. N. (2019). Pengembangan media pembelajaran scrapbook pada pembelajaran tematik Kelas I SD N Taman Sari 01 Pati. Jurnal Sinektik, 2(1), 26.
Wartoyo, F. X. (2022). Menakar Korelatifitas Merdeka Belajar Dengan Sistem Pendidikan Nasional Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Dan Pancasila. Widya Pranata Hukum: Jurnal Kajian Dan Penelitian Hukum, 4(2), 140-153.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.
Yudiana, K., Andita, D., Lestari, N. K. A., Pratiwi, L. I. A., & Fridayanthi, N. K. D. C. (2024). Pop-Up Book sebagai Media Meningkatkan Minat Baca Siswa. Nilacakra.
Yulianti, Y., Kasman, N., & Yusmah, Y. (2021). Penggunaan Metode Sugesti Imajinasi Dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek. Cakrawala Indonesia, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.51817/jci.v6i1.393
Zuhra, M. (2023). Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Kearifan Lokal Untuk SD/MI (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication