Peningkatan Keterampilan Menyimak Teks Biografi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Maros
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peningkatan keterampilan menyimak teks biografi melalui model pembelajaran Problem based Learning pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Maros Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilakukan dalam empat kali pertemuan. Data dikumpulkan dari wawancara guru dan nilai hasil belajar dari 35 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem based Learning berdampak positif dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran menyimak. Nilai keterampilan menyimak siswa berhasil dan meningkat setiap siklus. Rata-rata nilai siswa pada siklus I sebesar 59,46, meningkat menjadi 88,20 pada siklus II, dengan persentase peningkatan sebesar 28,74%. Berdasarkan temuan ini, direkomendasikan penggunaan model Problem based Learning dalam pembelajaran menyimak karena terbukti efektif dan berguna bagi pendidik dan peserta didik.
References
Lanta, J., Ecca, S., Asyanti, A., & Tahir, M. Hi. (2019). Using Documentary Films in Developing Student’s Critical Thinking Skill: Senior High School Context ARTICLE HISTORY. Utamax : Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 1(2), 39–43. https://journal.unilak.ac.id/index.php/UTAMAX/
Mekutika, A. F. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik Kelas XI pada Materi Teks Deskripsi dengan Pemanfaatan Media Youtube. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(6), 1031–1036.
Rahmadana, R., Marwiah, M., & Ulviani, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Metode Egp (Emosional Gerak Cepat Dan Perevisian) Berbasis Media Audio Visual Siswa Kelas IX SMPN 3 Pallangga. Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI), 1(3), 77-88.
Ridho, M. N., Agus, M., & Razak, N. K. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning Berbasis Video terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Gunung Sari II Makassar. 06(02(), 13282-13292.
Saifullah, Kasman, N., Kasman, R., Khalik, S., Ecca, S., & Emy. (2022). Efektivitas Model Concep Sentence dalam Pembelajaran Menulis Berita. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 77–86.
Septiani, Z. C., & Zaitun. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Teks Deskripsi Siswa …. Seminar Nasional Dan Publikasi Ilmiah 2024 FIP UMJ, 4, 1801–1807. http://repository.upi.edu/id/eprint/119596
Suri, W. F., Mansyur, U., & Puspitasari, A. (2023). Penggunaan Media Film Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Negeri 7 Wajo. 06(01), 10041–10050.
Wardani, WF. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning. Untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Islamiyah Sumberrejo Batanghari Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) METRO: Lampung.
Zein, R., & Puspita, V. (2020). Model Bercerita untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1199–1208.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication