Analisis Kesulitan Siswa dalam Pementasan Drama di MA Al-Muslihuun Tlogo

  • Milatul Hiqmah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Saptono Hadi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Lailiyatus Sa’diyah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Agus Hermawan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: pementasan drama, kesulitan siswa, seni peran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam menghafal teks drama serta mengimplementasikan pementasan drama. Salah satu aspek yang menjadi problem tersebut adalah sulitnya siswa menghafal teks drama, sekaligus implementasi pentas drama. Riset bersifat deskriptif-kualitatif. Peneliti sebagai pemeran kunci dengan subjek penelitian siswa MA Al-Muslihuun. Pengamatan, kuesioner, dan evaluasi digunakan untuk mendapatkan realitas temuan. Metode ini dipilih karena memungkinkan peneliti untuk menggali dan memahami secara mendalam mengenai pementasan drama. Hasil menunjukkan banyak aspek pengganggu implementasi seperti pelafalan, penekanan mimik pantomimik, intonasi dan gerak improvisasi.

Published
2025-03-12
How to Cite
Hiqmah, M., Hadi, S., Sa’diyah, L., & Hermawan, A. (2025). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pementasan Drama di MA Al-Muslihuun Tlogo. Cakrawala Indonesia, 9(2), 213-225. https://doi.org/10.55678/jci.v9i2.1537

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.