Kesantunan Berbahasa Warganet pada Kolom Komentar Postingan Akun Istagram @Makassar_Iinfo

-

  • Kasmawati Kasmawati
  • Ince Nasrullah Universitas Muslim Maros
  • Yusmah Yusmah
  • Muhammad Ali
Keywords: kesantunan, warganet, instagram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prinsip-prinsip kesantunan berbahasa yang digunakan oleh warganet dalam kolom komentar di media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian berupa tuturan komentar warganet yang diperoleh melalui media sosial Instagram, sedangkan objek penelitian berfokus pada kesantunan berbahasa. Data dikumpulkan menggunakan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) dan teknik dokumentasi. Prinsip-prinsip kesantunan yang ditemukan dalam kolom komentar pada berita di Instagram meliputi maksim kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, pemufakatan, dan kesimpatian.

Kata kunci: kesantunan, warganet, instagram

References

Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek | perpustakaan.upi.edu. Penerbit Rineka Cipta.

Atmoko Dwi, B. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Media Kita.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Kelima) (15th ed.). PT Balai Pustaka.

Chaer, A. (2015). Linguistik Umum. Rineka Cipta.

Erawati Erawati, Syahruddin Syahruddin, & Arifuddin Arifuddin. (2023). Kesantunan Berbahasa Pada Komentar Postingan Akun Instagram Lambeturah. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(2), 223–233. https://doi.org/10.55606/concept.v2i2.310

Herdiansyah, H. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Salemba Munanika.

Mahsun. (2005). Metode Penelitian Bahasa. PT Raja Grafindo Persada.

Nadar. (2013). Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Graha Ilmu.

Nur Amil, F. S., & Ramdhani, I. S. (2023). Analisis Kesantunan Berbahasa Warganet Pada Kolom Komentar Postingan Akun Instagram @Mastercorbuzier. Jurnal Education and Development, 11(2), 280–286. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4619

Rhamadany, Y., Lanta, J., & Aswadi, A. (2023). Bahasa Persuasif dalam Iklan Bisnis Online di Media Sosial. Cakrawala Indonesia, 8(1), 87-91.

Rizal Sukandi, Irwan Siagian, & Nadya Maharani. (2022). Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Media Instagram (Kajian Pragmatik). ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(1), 137–155. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.8369

Utami, D., & Fatmawati. (2023). Kesantunan Berbahasa Warganet Di Kolom Komentar Istagram @Nadiemmakarim. Jurnal Sinestesia, 13(1), 441–456. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/348

Wijana, I. D. P. (1996). Dasar-dasar Pragmatik. Andi Yogyakarta.

Published
2025-01-02
How to Cite
Kasmawati, K., Nasrullah, I., Yusmah, Y., & Ali, M. (2025). Kesantunan Berbahasa Warganet pada Kolom Komentar Postingan Akun Istagram @Makassar_Iinfo. Cakrawala Indonesia, 9(2), 164-173. https://doi.org/10.55678/jci.v9i2.1552

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.