Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif Pada Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Platform Merdeka Mengajar Kemdikbudristek

  • Putri Sari R Universitas Negeri Makassar
  • Sultan Sultan Universitas Negeri Makassar
  • Sakaria Sakaria Universitas Negeri Makassar
Keywords: berpikir kritis, berpikir kreatif, merdeka, mengajar, kurikulum merdeka

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan wujud berpikir kritis dalam Platform Merdeka Mengajar Kemdikbudristek, dan wujud berpikir kreatif dalam Platform Merdeka Mengajar Kemdikbudristek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan. Fokus dalam penelitian ini yaitu, wujud berpikir kritis dan wujud berpikir kreatif yang terdapat dalam Platform Merdeka Mengajar Kemdikbudristek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu: observasi, dokumentasi, serta baca dan catat. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai human intrument dan instrumen pembantu berupa kartu data. Hasil penelitian ini menunjukkan wujud berpikir kritis berbentuk menginterpretasikan, menganalisis, mengevaluasi, menyimpulkan, menjelaskan, dan meregulasi diri. Adapun wujud berpikir kreatif berbentuk kelancaran, keluwesan, dan keterperincian.

References

Alfath, Azizah & Setiabudi. 2022. Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Vol 1, hal 42-50. https://jurnal2.untagsmg.ac.id/index.php/soshumdik/article/view/73/75. Diakses pada 19 Desember 2023.

Arnes, Muspardi & Yusmanila. 2023. Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Vol 5, hal 60-70. https://edukatif.org/index.php. Diakses pada 08 Oktober 2023.

Dami & Parikaes. 2018. Regulasi Diri dalam Belajar Sebagai Konsekuen. Vol 1, Hal 82-95. URL: https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/19/13. Diakses pada 25 Maret 2024.

Fristanti, Sudarmaji & Saputro. 2019. Kemampuan Menganalisis Teks Negosiasi Siswa Kelas X Semester Ganjil SMK PGRI 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Vol 1, Hal 1-14. URL: http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/50/37. Diakses pada 25 Maret 2024.

Hafiyusholeh, Budayasa & Siswono. 2017. Literasi Statistik: Siswa SMA dalam Membaca, Menafsirkan, dan Menyimpulkan Data. Vol 1, Hal 79-85. URL: http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/41/12. Diakses pada 25 Maret 2024.

Hayudiyani, Arif & Risnasari. 2017. Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X TKJ Ditinjau Dari Kemampuan Awal Dan Jenis Kelamin Siswa Di SMKN 1 Kamal. Vol 4, hal 20-27. https://journal.trunojoyo.ac.id. Diakses pada 14 Oktober 2023.

Imamah, Z & Muqowim. 2020. Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Vol 15, hal 263-277. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php. Diakses pada 02 Juni 2023.

Meriyanti, Pratiwi, Gresinta & Sulistyaningsih. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP terhadap mata pelajaran IPA Melalui Penggunaan Media Google Classroom. Vol 5, hal 226-232. https://ejournal.unib.ac.id. Diakses pada 26 September 2023.

Priantini, Suarni & Adnyana. 2022. Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platformmerdekabelajaruntukmewujudkanpendidikanyang Berkualitas. Vol 8, hal 238-244. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id. Diakses pada 26 September 2023.

Pristiwanti, Badariah, Hidayat & Dewi. 2022. Pengertian Pendidikan. Vol 4, hal 7911-7915. https://journal.universitaspahlawan.ac.id. Diakses pada 01 Juni 2023Suryaningsih, C & Dewi, N. 2021. Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Preprospec Berbantuan TIK pada Materi Barisan dan Deret. Vol 4, hal 119-128. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php. Diakses pada 01 Juni 2023.

Sari, Pramesti & Suliana. 2022. Sosialisasi Platform Merdeka Mengajar Sebagai Wadah Belajar Dan Berkreasi Guru. Vol 6, hal 63-72. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php. Diakses pada 27 September 2023.

Suprapto. 2016. Evaluasi Kapasitas Produksi dan Efisiensi Biaya Terhadap Kelancaran Proses Produksi Pada PT. Cahaya Indah Madya Pratama. Vol 1, Hal 58-66. URL: https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/6/6. Diakses pada 25 Maret 2024.

Susilawati, E & Sarifuddin, S. 2021. Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Vol 25, hal 155-167. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id. Diakses pada 27 September 2023.

Syefriani, Erawati & Rizqi. 2019. Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya Tari Kreasi Kelas XI SMA Negeri 2 Bangko Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau. Vol 6, Hal 26-33. URL: https://journal.uir.ac.id/index.php/koba/article/view/7884/3606. Diakses pada 25 Maret 2014.

Published
2025-03-11
How to Cite
Sari R, P., Sultan, S., & Sakaria, S. (2025). Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif Pada Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Platform Merdeka Mengajar Kemdikbudristek. Cakrawala Indonesia, 9(2), 199-212. https://doi.org/10.55678/jci.v9i2.1560

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.