Analisis Postur Dosen yang Memengaruhi Minat dan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Keterampilan Bahasa Inggris: Perspektif Komunikasi Nonverbal

  • Maemuna Muhayyang Universitas Negeri Makassar
  • Asriati Asriati Universitas Negeri Makassar
  • Hasriani G Universitas Negeri Makassar
  • Geminastiti Sakkir Universitas Negeri Makassar
Keywords: Postur dosen, minat belajar, motivasi belajar, komunikasi nonverbal

Abstract

Postur dosen sebagai salah satu bentuk komunikasi nonverbal dalam proses belajar mengajar memiliki peran tersendiri terhadap atmosfir pembelajaran di dalam kelas. Hal ini juga diyakini turut berdampak terhadap minat dan motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana postur dosen memengaruhi minat dan motivasi belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran dan pengajaran keterampilan bahasa Inggris. Metode penelitian kualitatif dipilih untuk mengeksplorasi lebih jauh mengenai pengaruh postur dosen terhadap minat dan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah keterampilan bahasa Inggris. Hasil penelitian ini menemukan bahwa atensi, perasaan nyaman, dan rasa ingin tahu merupakan tiga (3) indikator yang menunjukkan adanya pengaruh postur dosen terhadap minat dan motivasi belajar mahasiswa. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa secara implikatif variasi posisi postur dosen pada saat mengajar sangat berperan penting dan dibutuhkan oleh mahasiswa.

Published
2024-12-31
How to Cite
Muhayyang, M., Asriati, A., G, H., & Sakkir, G. (2024). Analisis Postur Dosen yang Memengaruhi Minat dan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Keterampilan Bahasa Inggris: Perspektif Komunikasi Nonverbal. Cakrawala Indonesia, 9(2), 140-147. https://doi.org/10.55678/jci.v9i2.1694

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.