Interferensi Morfologis Bahasa Bugis pada Penggunaan Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 58 Kota Pare-Pare
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk interferensi morfologis bahasa Bugis pada penggunaan bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 58 kota Pare-Pare. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan penjelasan secara deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk interferensi bahasa Bugis dalam penggunaan bahasa Indonesia oleh siswa. Sumber data penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi, rekaman suara, dan dokumentasi karangan siswa. Hasil penelitian ini memberikan gambaran mengenai bentuk-bentuk interferensi yang terjadi pada siswa dalam bidang afiksasi, reduplikasi, dan pemajemukan yang mengandung bahasa Bugis pada penggunaan bahasa Indonesia.
References
Abdullah, S. (2020). Struktur morfologis dalam bahasa Bugis: Kajian afiksasi dan implikasi pedagogis. Pustaka Celebes.
Basri, H. (2021). Struktur Bahasa Bugis. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Chaer, A. (2020). Linguistik umum (Edisi revisi. Rineka Cipta.
Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan awal (Edisi ke-3. Rineka Cipta.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Fahmi. (2021). Penggunaan prefiks dalam bahasa Bugis Bone. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 186–193.
Firlianda, F. R., Ramli, R., & Herman, R. (2022). Interferensi morfologis bahasa Jawa dalam penggunaan bahasa Indonesia siswa SMP IT Nurul Ikhwah Nagan Raya Aceh. Prosiding Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya (KOLITA, 20, 67–79.
Hamied, F. A., & Yuwono, U. (2021). Language interference in early bilinguals: A morphosyntactic analysis. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 11(3), 522–531. https://doi.org/10.17509/ijal.v11i3.41761
Herawati, M. A. S. S. (2020). Reduplikasi dalam bahasa Bugis dialek Sinjai. Multilingual, 19(1), 32–43. https://doi.org/10.26499/multilingual.v19i1.130
Holmen, A., Jørgensen, J. N., & Møller, J. S. (2021). Morphological interference in bilingual children’s language development: Evidence from classroom interaction. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 24(6), 745–763. https://doi.org/10.1080/13670050.2018.1456517
Kasim, A., Abu Nawas, K., Tahir, S. Z. B., Yusriadi, & Gheisari, A. (2022). Bugis and Arabic morphology: A contrastive analysis. Education Research International. https://doi.org/10.1155/2022/4537291
Krashen, S. D. (1982). Second Language Acquisition and Second Language Learning. Pergamon Press.
Kridalaksana, H. (2010). Pembentukan kata dalam bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.
Laelah, N. A. (2019). Pengaruh pemerolehan bahasa kedua dan motivasi membaca terhadap prestasi belajar peserta didik. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 44–58. https://doi.org/10.35445/twajibla.v1i1.21
Mekarisce, A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(3), 137–145. https://doi.org/10.35448/jikm.v12i3.2987
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi. PT Remaja Rosdakarya.
Muayyanah, M., & Anwar, K. (2019). Interferensi fonetik dalam keterampilan berbicara: Studi analisis deskriptif di lingkungan mahasiswa STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan. Proceedings of the International Conference of Students on Arabic Language, 3, 501–509. https://doi.org/10.31219/osf.io/7n2ce
Nensilianti; Akhyar, A. I. M. (2025). Kesalahan Gramatikal pada Karya Tulis Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNM : Analisis Kesalahan Berbahasa. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 5(2), 488–498.
Nurcaya; Ningsih, W. (2023). Kesalahan penulisan kalimat pada karangan pengalaman pribadi siswa. Cakrawala Indonesia, 8(1), 11–28.
Odlin, T. (1989). Language transfer: Cross-linguistic influence in language learning. Cambridge University Press.
Rafael, A. M. D. (2019). Interferensi fonologis penutur bahasa Melayu Kupang ke dalam bahasa Indonesia di Kota Kupang. Jurnal Penelitian Humaniora, 20(1), 47–58. https://doi.org/10.17977/um002v20i12019p47-58
Rahman, F. (2011). Struktur Bahasa Bugis. Pusat Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional.
Ramlan, M. (2022). Fungsi afiks dalam bahasa Bugis dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa kedua. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 18(1), 89–101.
Rubiyatun. (2019). Triangulasi dalam penelitian kualitatif: Konsep, jenis, dan aplikasinya. Samudra Biru.
Rustan, M. N. M. (2024). LANSKAP LINGUISTIK PULAU KAMBUNO KABUPATEN. Cakrawala Indonesia, Mei, 9(1), 10–18.
Siregar, D. (2020). Interferensi morfologis dalam komunikasi bilingual: Studi kasus siswa sekolah dasar. Bahasa Dan Seni, 48(1), 67–78. https://doi.org/10.17977/um015v48i1p67-78
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); II). Alfabeta.
Susiati, S. (2020). Rekonstruksi internal bahasa Bugis dan bahasa Makassar: Linguistik komparatif. https://doi.org/10.31219/osf.io/v2ke9
Suyitno, I. (2020). Transfer bahasa ibu ke bahasa nasional: Studi sosiolinguistik di daerah multilingual. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(2), 145–158. https://doi.org/10.21009/jpbsi.10.2.05
Tahir, A., Baso, F., & Nur, S. (2022). Morfologi Bugis dan penerapannya dalam tuturan anak usia sekolah dasar. Jurnal Linguistik Indonesia, 40(1), 95–112. https://doi.org/10.24832/jli.v40i1.1542
Tahir, R. A. M. N. (2022). Analisis Struktur Kalimat Tunggal Bahasa Bugis Barru. Uniqbu Journal of Social Sciences ( UJSS), 3(3), 88–95.
Weinreich, U. (1974). Languages in Contact: Findings and Problems. Mouton.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication