Efektivitas Penggunaan Teknologi Belajar Melalui Internet dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Institut Cokroaminoto Pinrang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media internet mahasiswa, kemudian untuk mengetahui tingkat, besarnya penguasaan media internet para instruktur dalam memotivasi mahasiswa Institut Cokroaminoto Pinrang serta untuk mengetahui kaitan pemanfaatan media internet dengan motivasi belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna teknologi belajar melalui internet berada pada kategori tinggi (76,67%). Artinya bahwa teknologi komunikasi memiliki manfaat yang sangat besar terhadap peningkatan penguasaan media internet para instruktur dalam memotivasi mahasiswa berada pada kategori tinggi (65,22%). Artinya bahwa selama ini peningkatan penguasaan media internet para instruktur dalam memotivasi mahasiswa adalah adanya minat, semangat, dan keinginan untuk mempelajari media tersebut. Pemanfaatan teknologi belajar melalui internet mempunyai kaitan yang kuat dengan peningkatan motivasi belajar mahasiswa. Hal ini ditandai dengan nilai koefisien korelasi R = 0,885 (mendekati nilai angka 1). Maknanya semakin progresif pemanfaatan teknologi informasi komunikasi dimata pelajaran teknologi informasi komunikasi maka semakin menguatnya dominasi media internet para instruktur dalam memotivasi mahasiswa Institut Cokroaminoto Pinrang.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication