KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN TEKNIK MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI (3M)

  • Firmansyah Firmansyah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Amin Menne Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Tajuddin Posi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: menulis, teknik 3M, teks berita

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks berita selama mengikuti pembelajaran dengan teknik 3M. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri prasiklus, siklus I, dan siklus II. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis berita. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriktif dalam bentuk nilai rata-rata. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata siswa pada tahap prasiklus yaitu 62,37, pada siklus I sebesar 73,68, dan pada siklus II menjadi 79,31. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari tahap prasiklus hingga siklus II sebesar 20,40%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa  keterampilan menulis teks berita siswa meningkat dengan menggunakan teknik 3M.

References

Kuwat. 2008. Pembelajaran Menulis Teks Berita dengan Teknik 3M. Online. http://pembelajarandismp.wordpress.com/2008/05/24/pembelajaran-menulis-teks-berita-dengan-teknik-3m, diakses tanggal 12 Maret 2019.

Subyantoro. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Rumah Indonesia.

Sudjana. 2002. Statistika. Bandung: Tarsito
Published
2019-11-28
How to Cite
Firmansyah, F., Menne, A., & Posi, T. (2019). KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN TEKNIK MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI (3M). Cakrawala Indonesia, 4(2), 7-8. Retrieved from https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/186

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.