Analisis Nilai Edukatif dalam Novel “5 cm”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai edukatif dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai edukatif pada novel 5 cm karya donny dhirgantoro. Data penelitian ini terdiri dari dialog, kalimat, dan kata-kata yang berasal dari narasi yang menggambarkan nilai-nilai pendidikan yang ditemukan dalam Novel Donny Dhirgantoro dengan judul novel “5 cm”. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa baca, simak, dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai edukatif pada novel 5 cm merupakan sebuah interaksi yang mengandung maksud atau makna yang ingin disampaikannya. Adapun data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu Nilai Pendidikan Religius terdapat 96 data, nilai Pendidikan moral terdapat 79, nilai pendidikan sosial terdapat 88 data, nilai Pendidikan budaya terdapat 88 data.
References
Aminuddin. 2004. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Anindya, P. R. (2018). "Partisipasi Politik Generasi Milenial di Era Digital." Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 21(1), 75-90.
Ali, Muhammad. 2007. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo: Bandung.
Amos, Neolaka. G. A, Landasan Pendidikan: Dasar Pengenalan Diri Sendiri menuju Perubahan Hidup (Depok: Kencana, 2017).
Agustini, Anisa. 2018. “Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Nijuushi No Hitomi karya Sake Tsuboi”.
Asdar. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bogor: Azkiya Publishing.
Aziz, Anwar. 2012. “Analisis Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Negeri 5 Menara karya A. Faudi”.
Darmayanti, Nani. 2008. Get Success UN+SPMB Bahasa Indonesia. Bandung: Grafindo media pratama.
Damono, S. D. 1978. Sosiologi Sastra: Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Dhirgantoro, Donny. 2005. 5Cm. Jakarta: Grasindo.
Endraswara, S. (2011). “Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi”. Yogyakarta: Penerbit CAPS.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Fauzi, M. R. 2019. Pendidikan Holistik Anak SD Ditinjau dari Teori Rekonstruksi Sosial John Dewey. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(2), 151-168.
Faruk. 1994. Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ganda, Asep Sadiki. dkk. 2005. Kompeten Berbahasa Indonesia. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Ganesha, Tim Operation. 2018. Pasti bisa Sosiologi untuk SMA/MA Kelas X. Bandung: Penerbit Duta.
Hamzah, Ridho. 2019. Nilai-nilai Kehidupan dan Resepsi Masyarakat. Cianjur: Puspida.
Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan: PT Rajagrafindo Persada.
Hidayat Fahrul, D. (2023). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Dalam Lirik Lagu Karya Admesh dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Aliah. 31–41.
Jabrohim. 2001. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.
Jauharoti, Alfin. 2014. Apresiasi Sastra Indonesia. Surabaya: UIN SA Pres.
Juanda, Asep. 2017. New Edition Pocket Book Bahasa Indonesia SMA Kelas VII, VIII & IX. Jakarta: CMedia.
Kadir, Herson dan Lian Puluhulawa. 2013. Pias-pias Materi Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk kelas XII SMA/MA. Yogyakarta: Deepublish.
Kartono, R. (2015). "Dampak Globalisasi terhadap Budaya Lokal di Indonesia." Jurnal Sosial dan Budaya Syar'i, 2(1), 23-38.
Kutha, Nyoman Ratna. 2013. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kosasih. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.
Lestari, A. K. 2020. Refleksi Sosial dalam Novel Hujan Karya Tere Liye. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4, 78–96.
Mainun. 2015. “Analisis Nilai Pendidikan Novel Jiwa di Titi Nol, Pembelajaran Sastra”.
Miles, B. Mathew. Huberman, M. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP
Nasution, W. 2016. Kajian Sosiologi Sastra Novel Dua Ibu Karya Arswendo Atmowiloto: Suatu Tinjauan Sastra. Jurnal Metamorfosa, IV (1), 14–27.
Neolaka, Amos dan Grace Amialia A. Neolaka. 2017. Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.
Nurgiantoro, B. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.
Nurgiyantoro, B. (2017). “Teori Pengkajian Fiksi”. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurholis. 2019. Pengantar Sosiologi Sastra. Bandung: Pustaka setia.
Nugraha, R. (2018). "Dinamika Penerbitan Buku di Indonesia: Tantangan dan Peluang." Jurnal Ekonomi Kreatif Indonesia, 7(1), 55-70.
Noviyanti. 2014. Pendidikan Karakter dalam Cerpen Robohnya Surau Kami KaryanA.A Navis. SEMANTIK (STKIP Siliwangi Journals), 3(2), 114–128.
Pratama, A. R. (2018). "Meningkatnya Minat Masyarakat terhadap Kegiatan Pendakian Gunung di Indonesia pada Awal Abad ke-21." Jurnal Pariwisata Indonesia, 10(1), 45-60.
Partiwi. W. H. 2018. Gambaran Kemiskinan dalam Novel MA YAN Karya Sanie. B. Kuncoro. (Tinjauan Sosiologi Sastra Ian Watt) (Doctoral dissertation, FBS).
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahmawati, syarifah. 2015. “Analisis Nilai-nilai Pendidikan Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata”.
Rafni, A. (2002). “Transisi Menuju Demokrasi di Indonesia: Sebuah Analisis”. Jakarta: Penerbitan Indonesia.
Rais, Mummad Hakim. 2019. “Nilai Sosial dalam Novel Ayah karya Andrea Hirata”
Rismayanti, N. W., Martha, I. N., & Sudiana, I. N. 2020. Kajian Sosiologi Sastra dalam Novel Puzzle Mimpi Karya Anna Farida. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 9(1), 7-14.
Robert, Escarpit. 2017. Sosiologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Roucek & Warren. 2009. Pengantar Sosiologi Sastra dari Strukturalisme Genetik sampai Post-Modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sagala, Syaiful. 2013. Etika dan Moralitas Pendidikan: Peluang dan Tantangan. Jakarta: Prenada Media.
Salim, Kurniawan. H., Studi Ilmu pendidikan Islam, Yogyakarta: Arruz Media, 2012
Sari, M. P. (2015). "Pengaruh Media Sosial terhadap Pemasaran Buku di Indonesia." Jurnal Komunikasi Indonesia, 3(1), 45-58.
Siswanto, B. 2013. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta, Bumi Aksara.
Surastina. (2018). “Definisi dan Peran Sastra dalam Kehidupan”. Jakarta: Penerbit Literasi Nusantara.
Sukardi, T., & Hargiyarto, P. 2007. Peran Bursa Kerja Khusus Sebagai Upaya Penempatan Lulusan SMK Dalam Rangka Terwujudnya Link and Match Antara Sekolah Dengan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 16(2), 141-163.
Subroto, D. 2007. Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.
Tim Guru Eduka. 2018. All New Target Nilai 100 Ulangan Harian SMP Kelas IX. Jakara: Cmedia.
Watt, Ian. “The Rise of the Novel: Studies in Defoe, Richardson, and Fielding”. Berkeley: University of California Press, 1957.
Warsiman. 2016. Membumikan Pembelajaran Sastra yang Humanis, Malang: Universitas Brawijaya Press.
Warsiman. (2017). “Analisis Genre Sastra: Sebuah Kajian tentang Novel”. Surabaya: Penerbit Sastra Ilmiah.
Wulan, H., & Sya'baan, A. M. R. 2023. Konflik Tokoh dalam Novel Seperti Hujan Yang Jatuh Ke Bumi Karya Candra. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra), 8(1), 129-136.
Wicaksono, Andri. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi (edisi revisi). Yogyakarta: Garudhawacara.
Widodo, T. (2016). "Peran Sastra dalam Kritik Sosial: Studi Kasus Novel '5 cm' Karya Donny Dhirgantoro." Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication