PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE “MAKE A MATCH”TERHADAP HASIL BELAJARBAHASA INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negreri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang, yakni 71 siswa yang tersebar pada 3 kelas. Sampel ditarik sebanayak dua kelas yaitu kelas VIII.2 dengan jumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 dengan jumlah 24 orang sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dari instrumen tes, kemudian diperoleh dengan menggunakan rumus rata- rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih tinggi dari pada kelompok kontrol yang tidak diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Make a Match yakni Mx = 92,72 > My = 80,62. Berdasarkan hasil analisa data disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih baik dari pada siswa yang tidak diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match di kelas VIII SMP Negeri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Dengan demikian diharapkan kepada guru-guru hendaknya memaksimalkan penggunaan metode-metode pembelajaran seperti model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dalam proses belajar mengajar, dan dalam proses belajar mengajar yang menitik beratkan pada metode ceramah hendaknya memberikan variasi dengan metode lain termasuk penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match.
References
Anggita, N., Rasyid, H. R. E., & Aswadi, A. (2019). Pengaruh Metode Role Playing terhadap Pembalajaran Drama. Cakrawala Indonesia, 4(2), 20-23.
Aswadi, A. (2018). Mengullik Akar Kritis dalam Analisis Wacana Kritis dan Implementasinya Terhadap Teks Berita (Exploring Critical Roots in Critical Discourse Analysis an Its Implementation on News Text). Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 8(2), 176-188.
Aswadi, A., Yusmah, Y., & Masyitah, A. A. (2017). Peningkatan Pembelajarn TIK dengan Menggunakan Media Kartu Bergambar Siswa Kelas VII. 2 SMP Negeri 2 Pancarijang . Cakrawala Indonesia, 2(1), 56-60.
Berlian, Zainal, dkk. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajara Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 10 Palembang, Vol 3(1).
Damayanti, G., Andarwulan, T., & Aswadi, A. (2019). Mekanisme Eufemisme Dan Sensorisasi: Kekerasan Simbolik Dalam Tuturan Dosen. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 12(2), 223, https://doi.org/10.26858/retorika.v12i2.9101
Ecca, S., Hanafi, M., Lanta, J., & Nadirah, N. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Mendesain Bahan Ajar Berbasis Digital di SMAN 10 Sidrap. MALLOMO: Journal of Community Service, 1(1), 50-55.
Fatimasari, Tisha. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan TKJ Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Yogyakarta.Skripsi.Program Studi Teknik Informatika.Universitas Negeri Yogyakarta.
Hilidayani. (2018). Penerepan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Kosakata Baku dan Tidak Baku di Kelas IV MIN 16 Aceh Besar.Skripsi.Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darusalam Banda Aceh.
Lamalla, B., Hanafi, M., & Ecca, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Sparcol Videosribe terhadap Kemampuan Menyimak Siswa. Cakrawala Indonesia, 4(2), 9-12.
Sakkir, G. (2016, December). Interest and Writing Skill of the University Students on Using Social Media-Facebook in Writing Class (STKIP Muhammadiyah Rappang, Indonesia). In Asian EFL Journal (Second Language Acquisition- Academic Research) TESOL Indonesia International Conference Edition (Vol. 2, pp. 178-188).
Sakkir, G. (2018). Pengembangan Modul Pengajaran Menulis Berbasis Facebook (Doctoral dissertation, Pascasarjana).
Sakkir, G. (2018). Writing: Beginner. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=2FIVDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Sakkir, G., & Abrar, A. E. Y. (2018), November). “Students’ Perception of the Implementation Facebook Group in Learning Writing Skill.” In PROCEEDINGS OF THE 65th TEFLIN INTERNATIONAL CONFERENCE, vol. 65, no. 02. 2018.
Sakkir, G., & Dollah, S. (2019). FACEBOOK-BASED WRITING INSTRUCTIONAL MATERIAL IN ENGLISH CLASS: LECTURERS’PERCEPTION. SELTICS, 2(2), 76-83.
Sakkir, G., & Dollah, S. (2019). Measuring students’writing skills using Facebook group application in EFL context. International Journal of Humanities and Innovation (IJHI), 2(3), 69-72. https://doi.org/10.33750/ijhi.v2i3.43
Sakkir, G., Rahman, Q., & Salija, K. (2016). Students’ Perception on Social Media in Writing Class at STKIP Muhammadiyah Rappang, Indonesia. International Journal of English Linguistics, 6(3), 170-175. doi: 10.5539/ijel.v6n3p170. URL: http://dx.doi.org/10.5539/ijel.v6n3p170.
Sugiyono. 2014. Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyatno, (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jakarta Masmedia Buana
Syatriana, E., Sakkir, G., Faculty, T., & Makassar, U. N. (2020). Implementing Learning Model Based On Interactive Learning Community For Efl Students Of. 7(1).
Umar, A., Amrin, Madani, M., Farida, U., Yusriadi, Y., Tamsa, H., Bahtiar, Ansar, Yahya, M., Nurnaningsih, Alam, S., Gunawan, H., Darwis, Sahabuddin, C., Jamaluddin, Misbahuddin, Elpisah, Akbar, Z., Sakkir, G., … Misnawati, M. (2019). One-stop service policy as a bureaucratic reform in Indonesia. Academy of Strategic Management Journal, 18(2), 1–12.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication