PENGARUH PENGGUNAAN METODE REORGANISASI TAKSONOMI BARRETT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA

  • Hardianti Baharuddin Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Hanafi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Aswadi Aswadi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Rosmini Kasman Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: Metode pembelajaran, reorganisasi taksonomi Barrett, membaca intensif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode reorganisasi taksonomi Barrett terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panca Rijang tahun pelajaran 2020/2021. Data diperoleh dengan teknik tes. Hasil yang diperoleh dari teknik tersebut selanjutnya diolah melalui teknik statistik deskriptif dan teknik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (2,861 ≥ 2,026) maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode reorganisasi taksonomi Barrett berpengaruh terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panca Rijang tahun ajaran 2020/2021.

References

Akhadiah, Sabarti, dkk. 1999. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Alwasilah dan Aziez. 1996. Pengajaran Bahasa Komunikatif Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Anggraini, Nurul. 2014. Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Dengan Metode Reorganisasi Barrett Taxonomy Pada Siswa Kelas VIII A MTsN Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Fitria, Nurul, dkk. 2017. Pengaruh Metode Barrett Taxonomy Terhadap Kemampuan memahami Teks Cerita Pendek. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia (online), Vol 4, No 2, (http://ejournal.fkip.unsri.ac.id/index.php/logat/article/download/11/11, diakses 20 Juni 2020).

Hardjono, S. 1988. Prinsip-prinsip Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Ditjen Dikti.

Jumriah, Rabina dan Hanafi, Muhammad. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Media Lagu dalam Menulis Karangan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Cakrawala Indonesia (online), Vol 2, No 1, http://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/62/24,

diakses 02 Oktober 2020).

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media Belajar dan Sumber Belajar. Jakarta : Prestasi Pustakakarya.

Noviasi, Uun. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Metode Reap (Read, Encode, Annotate, Ponder) Pada Siswa SMA. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nugraheni, Dewi Fitria. 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Strategi Lingkaran Socrates Pada Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 10 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurhadi. 2008. Membaca Cepat dan Efektif (Teori dan Latihan). Jakarta: Sinar Dunia.

Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Saddhono, Kundharu. 2012 Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung : Karya Putra Dawarti.

Shara, Yuni. 2018. Pengaruh Metode Reorganisasi Barret Taksonomi Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMP Yapimda Jakarta. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Jakarta : Graha Ilmu.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyono. 2008. Membimbing Siswa Membaca Cerdas Dengan Taksonomi Barrett. https://-awidyarso65.files.wordpress.com/2008/08/membimbing-sis-wa-membaca-cerdas.pdf, diakses 25 Mei 2020.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Zuchdi, Darmiyati. 2008. Strategi Mening katkan Kemampuan Membaca. Yogyakarta: UNY Pres.

Published
2021-06-29
How to Cite
Baharuddin, H., Hanafi, M., Aswadi, A., & Kasman, R. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN METODE REORGANISASI TAKSONOMI BARRETT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA. Cakrawala Indonesia, 6(1), 21-28. https://doi.org/10.55678/jci.v6i1.299
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.