PENGARUH PENGGUNAAN METODE REORGANISASI TAKSONOMI BARRETT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode reorganisasi taksonomi Barrett terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panca Rijang tahun pelajaran 2020/2021. Data diperoleh dengan teknik tes. Hasil yang diperoleh dari teknik tersebut selanjutnya diolah melalui teknik statistik deskriptif dan teknik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (2,861 ≥ 2,026) maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode reorganisasi taksonomi Barrett berpengaruh terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panca Rijang tahun ajaran 2020/2021.
References
Akhadiah, Sabarti, dkk. 1999. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Alwasilah dan Aziez. 1996. Pengajaran Bahasa Komunikatif Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Anggraini, Nurul. 2014. Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Dengan Metode Reorganisasi Barrett Taxonomy Pada Siswa Kelas VIII A MTsN Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Fitria, Nurul, dkk. 2017. Pengaruh Metode Barrett Taxonomy Terhadap Kemampuan memahami Teks Cerita Pendek. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia (online), Vol 4, No 2, (http://ejournal.fkip.unsri.ac.id/index.php/logat/article/download/11/11, diakses 20 Juni 2020).
Hardjono, S. 1988. Prinsip-prinsip Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Ditjen Dikti.
Jumriah, Rabina dan Hanafi, Muhammad. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Media Lagu dalam Menulis Karangan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Cakrawala Indonesia (online), Vol 2, No 1, http://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/62/24,
diakses 02 Oktober 2020).
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media Belajar dan Sumber Belajar. Jakarta : Prestasi Pustakakarya.
Noviasi, Uun. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Metode Reap (Read, Encode, Annotate, Ponder) Pada Siswa SMA. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nugraheni, Dewi Fitria. 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Strategi Lingkaran Socrates Pada Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 10 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurhadi. 2008. Membaca Cepat dan Efektif (Teori dan Latihan). Jakarta: Sinar Dunia.
Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.
Saddhono, Kundharu. 2012 Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung : Karya Putra Dawarti.
Shara, Yuni. 2018. Pengaruh Metode Reorganisasi Barret Taksonomi Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMP Yapimda Jakarta. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Jakarta : Graha Ilmu.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyono. 2008. Membimbing Siswa Membaca Cerdas Dengan Taksonomi Barrett. https://-awidyarso65.files.wordpress.com/2008/08/membimbing-sis-wa-membaca-cerdas.pdf, diakses 25 Mei 2020.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Zuchdi, Darmiyati. 2008. Strategi Mening katkan Kemampuan Membaca. Yogyakarta: UNY Pres.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication