KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI METODE OUTDOOR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PANCARIJANG

  • Dahrul Dahrul
  • Suhartini Khalik Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Hanafi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: menulis, metode outdoor, puisi.

Abstract

Kemampuan Menulis Puisi melalui Metode Outdoor Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pancarijang. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis puisi melalui metode outdoor siswa kelas X SMA Negeri 1 Panca Rijang. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Panca Rijang sebanyak 348 orang siswa. Sampelnya ditarik sebesar 11% dari total populasi sebanyak 38 orang siswa.Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan tes siswa. Data yang terkumpul melalui tes dianalisis dengan teknik statistik deskriptif.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dari 38 siswa kelas X SMA Negeri 1 Panca Rijang yang menjadi sampel penelitian, sebanyak 35 orang atau sebesar 92,1% yang memperoleh nilai 76 ke atas dan sebanyak 3 orang atau 7,9% yang memperoleh nilai kurang dari 76.Dengan demikian, secara keseluruhan dapat dijelaskan bahwa siswa kelas X SMA Negeri 1 Panca Rijang mampu menulis puisi karena sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan dalam standar kompetensi yakni minimal 85% siswa yang memperoleh nilai 76 ke atas dari skala 10-100.

References

Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Dikti.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Ecca, S., & Lanta, J. (2019). Penggunaan Teknik Teratai dalam Menulis Puisi. Seminar Nasional Bahasa Indonesia 1, 1(November 2018), 486–492.

Ecca, S., Lanta, J., & Aswadi, A. (2020). Desain Perencanaan dan Pembelajaran Menulis Puisi di SMP. Seminar Nasional Bahasa Indonesia 2, 2 (October), 195–200.

Gie, T. L. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: -.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published
2020-05-30
How to Cite
Dahrul, D., Khalik, S., & Hanafi, M. (2020). KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI METODE OUTDOOR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PANCARIJANG. Cakrawala Indonesia, 5(1), 10-13. Retrieved from https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/334
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.