KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMPN 5 REDAK KABUPATEN ENREKANG
Abstract
Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VII SMPN 5 Redak Kabupaten Enrekang. Penelitin ini bertujuan untuk kemampuan siswa dalam menulis karang eksposisi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Redak Kabupaten Enrekang, yakni 40 siswa yang tersebar pada dua kelas yaitu kelas VIIA dan VIIB. Sampel ditarik sebanyak 20 orang dengan cara acak kelas dan yang terpilih adalah kelasVII A. Data diperoleh dari instrumen tes hasil karangan eksposisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkategori tuntas sebayak 16 orang (80%), sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 4 orang (20%). Hasil tersebut menunjukan bahwa siswa telah mampu menulis karangan eksposisi. Dikatakan demikian karena secara klasikal telah mencapai 80% dengan KKM sebesar 75%. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 5 Redak Kabupaten Enrekang mampu menulis karangan eksposisi.
References
Anggita, N., Rasyid, H. R. E., & Aswadi, A. 2019. Pengaruh Metode Role Playing terhadap Pembalajaran Drama. Cakrawala Indonesia, 4(2), 20-23.Aswadi, A. (2018). Mengullik Akar Kritis dalam Analisis Wacana Kritis dan Implementasinya Terhadap Teks Berita (Exploring Critical Roots in Critical Discourse Analysis an Its Implementation on News Text). Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 8(2), 176-188.
Anisah, Z. 2016. Penggunaan Media Gambar Bersusun Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Naratif Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 111-122.
Arikunto, S. 2010. Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Aswadi, A. 2018. Mengullik Akar Kritis dalam Analisis Wacana Kritis dan
Implementasinya Terhadap Teks Berita (Exploring Critical Roots in Critical Discourse Analysis an Its Implementation on News Text). Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 8(2), 176-188.
Aswadi, A., Yusmah, Y., & Masyitah, A. A. 2017. Peningkatan Pembelajarn TIK dengan Menggunakan Media Kartu Bergambar Siswa Kelas VII. 2 SMP Negeri 2 Pancarijang . Cakrawala Indonesia, 2(1), 56-60.
Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Lamalla, B., Hanafi, M., & Ecca, S. 2019. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Sparkol Videoscribe Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa. 5151(2), 9–12.
Mahendra, R. 2017. Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX SMA Negeri 1 Raman Utara Tahun Pelajaran 2016/2017.
Nirwana, N., Beta, P., & Darmawati, D. 2018. Kemampuan Menyimak Dongeng Melalui Strategi Tebak Kata Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Masamba Kabupaten Luwu Utara. Prosiding, 4(1).
Nuh, M. 2013. Kurikulum 2013. Sumber: http://www.kemdiknas.go.id.
Nurgiyantoro, B. 2010. Penilaian pembelajaran sastra berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Rahmawati, F. 2012. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Strategi 3m (Meniru-Mengolah-Mengembangkan). Skripsi. Yoyakarta: UNY.
Sakkir, G. 2018. Writing: Beginner. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=2FIVDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Sakkir, G., & Dollah, S. 2019. FACEBOOK-BASED WRITING INSTRUCTIONAL MATERIAL IN ENGLISH CLASS: LECTURERS’PERCEPTION. SELTICS, 2(2), 76-83.
Sudaryanto. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jilid I. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Prasasti, Wulan. 2015. Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII C SMP Negeri 11 Kota Jambi Tahun Pelajaran 20142015. Skripsi. Jambi: FKIP Universitas Jambi.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication