KEMAMPUAN MENYUSUN RINGKASAN CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANCA LAUTANG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

  • Herlina Syaharuddin STKIP Muhammadiyah Rappang
Keywords: kemampuan, ringkasan cerpen

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan menyusun ringkasan cerpen  siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panca Lautang Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panca Lautang Kabupaten Sidenreng Rappang yang berjumlah 105 siswa yang tersebar di 3 kelas dan sampelnya sebanyak 27 siswa (25% dari jumlah siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, teknik tes, dan teknik angket. Data yang terkumpul dari penelitian tersebut  dianalisis dengan menggunakan analisis presentase dengan skala 10 – 100. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panca Lautang Kabupaten Sidenreng Rappang mampu menyusun ringkasan cerpen. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil tes yang menunjukkan sebanyak 25 siswa (92,59%)  yang mendapat nilai 65 ke atas dan 2 siswa (7,41%) yang mendapat nilai di bawah 65. Setelah hasil penelitian melalui tes diketahui, maka instrumen penelitian yang kedua berupa angket untuk siswa yang bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi kemampuan menyusun ringkasan cerpen siswa SMP Negeri 1 Panca Lautang Kabupaten Sidenreng Rappang sebagai berikut; pelajaran bahasa Indonesia sangat penting bagi siswa, pelajaran yang paling disukai siswa yaitu membaca, pelajaran cerita pendek penting bagi siswa, siswa sering disuruh oleh gurunya menyelesaikan tugas rumah tentang cerita pendek, siswa sering diberikan latihan tentang cerita pendek, dan teknik guru mengajarkan teks cerita pendek sangat bervariasi.

References

Ahmadi, A. 1990. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alwasiah. 1996. Pengajaran Bahasa Komunkatif Teori dan Praktek. Bandung.: PT. Remaja Rosdakarya.

Arif, Rika. 2012. Kemampuan Menyusun Sinopsisi cerpen “ Guruku Jasamu sering Kulupakan” Karya Endo WM. Siswa kelas VIII smp Negeri 1 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Skripsi. Lautang Salo : STKIP Muhammadiyah Sidenreng Rappang.

Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rika Cipta.

Depdikbud. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta :Balai Pustaka.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.

Hoetomo. 2005. Kmus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Mitra Pelajar.

Junaidi, Muh. Apresiasi Sastra Indonesia. Ujung Pandang : CV. Putra Maspul.

Keraf, Gorys. 1981. Diksi dan Gaya Bahasa. Enda : Nusa Indah.

Sumardjo, Jakob dan KM Saini. 1986. Antologi Apresisi kesusastraan. Jakarta : Gramedia.

Tarigan, Henry Guntur. 1982. Meulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Widodo’s, Rahmad. 2009. Cara Menyusun Sinopsis. Jakarta : Gramedia.

http://duniabaca.com/pengertian-menulis-menurut-para-ahli.html. kamis 18 September 2014. Pukul 09.15 Wita.

http://visiuniversal.blogspot.com/2014/02/pengertian-sinopsis.html. kamis, 18 September 2014. Pukul 09.30 Wita.

http://www.sarjanaku.com/2011/08/penegertian-cerpen.html. Kamis, 18 September 2014. Pukul 09.00 Wita.
Published
2019-08-26
How to Cite
Syaharuddin, H. (2019). KEMAMPUAN MENYUSUN RINGKASAN CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANCA LAUTANG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. Cakrawala Indonesia, 1(1), 39-52. Retrieved from https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/34
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.