PENGARUH PENGGUNAAN METODE INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA RAKYAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap kemampuan membaca pemahaman cerita rakyat siswa kelas VII SMP Negeri 2 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Baranti sebanyak 131 siswa. Sampel ditarik dari setiap kelas secara acak sebesar 25% dari populasi sebanyak 36 siswa. Siswa dengan nomor urut ganjil sebagai kelompok eksperimen dan siswa dengan nomor urut genap sebagai kelompok kontrol.Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi dan tes objektif tipe essay untuk mengukur kemampuan siswa dalam materi pembelajaran membaca pemahaman cerita rakyat. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik deskriptif melalui perhitungan mean (nilai rata-rata). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 76,94 dan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 72,83. Hasil analisis data tersebut menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar daripada nilai kelompok kontrol. Dengan demikian, hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap kemampuan membaca pemahaman cerita rakyat siswa kelas VII SMP Negeri 2 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang.
References
Cochran. 1991. Teknik Penarikan Sampel (Terjemahan) Jilid III. Jakarta: UI-Press.
Dahar. 1996. Teori-teori Belajar. Bandung: Erlangga.
Hafni. Pemilihan dan Pengembangan Bahan Membaca. Jakarta: P3G
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Muslich, Masnur. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi da kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Nuhadi. 1987. Membaca cepat dan efektif. Bandung: Sinar Baru.
---------. 1989. Bagaimana meningkatkan kemampuan membaca. Bandung: CV Sinar Baru.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan. Rawamangun-Jakarta: Kencaba Perdana Media Group.
Suprijono, A. 2011.Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Henry Guntur. 1983. Membaca Ekspresif. Bandung: Angkasa.
-----------------------------. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Wartono. 1999. Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri. Jakarta: Pustaka Pelajar.
(http://www.ras-eko.com/2011/05/model-pembelajaran-inkuiri.html diakses pada 20 November 2013)
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication