PENGARUH PENGGUNAAN METODE INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA RAKYAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

  • Sutrisno Sutrisno STKIP Muhammadiyah Rappang
Keywords: Pengaruh,Inkuiri, Membaca Pemahaman

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap kemampuan membaca pemahaman cerita rakyat siswa kelas VII SMP Negeri 2 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Baranti sebanyak 131 siswa. Sampel ditarik dari setiap kelas secara acak sebesar 25% dari populasi sebanyak 36 siswa. Siswa dengan nomor urut ganjil sebagai kelompok eksperimen dan siswa dengan nomor urut genap sebagai kelompok kontrol.Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi dan tes objektif tipe essay untuk mengukur kemampuan siswa dalam materi pembelajaran membaca pemahaman cerita rakyat. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik deskriptif melalui perhitungan mean (nilai rata-rata). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 76,94 dan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 72,83. Hasil analisis data tersebut menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar daripada nilai kelompok kontrol. Dengan demikian, hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap kemampuan membaca pemahaman cerita rakyat siswa kelas VII SMP Negeri 2 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang.

References

Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rhineka Cipta.
Cochran. 1991. Teknik Penarikan Sampel (Terjemahan) Jilid III. Jakarta: UI-Press.
Dahar. 1996. Teori-teori Belajar. Bandung: Erlangga.
Hafni. Pemilihan dan Pengembangan Bahan Membaca. Jakarta: P3G
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Muslich, Masnur. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi da kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Nuhadi. 1987. Membaca cepat dan efektif. Bandung: Sinar Baru.
---------. 1989. Bagaimana meningkatkan kemampuan membaca. Bandung: CV Sinar Baru.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan. Rawamangun-Jakarta: Kencaba Perdana Media Group.
Suprijono, A. 2011.Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Henry Guntur. 1983. Membaca Ekspresif. Bandung: Angkasa.
-----------------------------. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Wartono. 1999. Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri. Jakarta: Pustaka Pelajar.
(http://www.ras-eko.com/2011/05/model-pembelajaran-inkuiri.html diakses pada 20 November 2013)
Published
2019-08-26
How to Cite
Sutrisno, S. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN METODE INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA RAKYAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. Cakrawala Indonesia, 1(1), 88-97. Retrieved from https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/37
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.