PENGGUNAAN METODE SUGESTI IMAJINASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK

  • Yulianti Yulianti Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Nuraini Kasman Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Yusmah Yusmah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: Metode Pembelajaran, Sugesti Imajinasi, Menulis Cerita Pendek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode sugesti imajinasi dalam pembelajaran menulis cerita pendek siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panca Rijang tahun pelajaran 2020/2021. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panca Rijang yang berjumlah 39 siswa yang tersebar pada dua kelas. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi dan tes tertulis. Hasil yang diperoleh dari teknik tersebut selanjutnya diolah melalui teknik statistik deskriptif dan teknik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok siswa yang diajar menulis cerpen menggunakan metode sugesti imajinasi memperoleh nilai rata-rata 80,84 sedangkan kelompok siswa yang diajar tanpa penggunaan metode sugesti imajinasi memperoleh nilai rata-rata 72,10. Hasil analisis uji t. menunjukkan nilai t hitung yaitu 3,629 ≥ t tabel 2,026 dengan df 37. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa metode sugesti imajinasi berpengaruh dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panca Rijang semester II tahun ajaran 2020/2021.

References

Ariati, Ni Nengah. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Sugesti Imajinasi untuk Meningkatkan Minat dan Hail Belajar Menulis Cerpen Siswa. Jurnal Ilmu pendidikan.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Erlista, Auntiya. 2018. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Mengunakan Metode Sugesti Imajinasi dengan Media Videoklip Lagu. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPEE.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfaberta.
Suparno, dan Yunus Muhammad. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Trimanta, Petrus. 2005. Metode Sugesti Imajinasi dalam Pembelajaran Menulis dengan Media Lagu. Jurnal Pendidikan Penabur.
Pebriana, Putri Hara. 2017. Pembelajaran Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Metode Sugesti Imajinatif pada Kelas V SDN 001 Salo. Jurnal Basicedu.
Published
2021-05-31
How to Cite
Yulianti, Y., Kasman, N., & Yusmah, Y. (2021). PENGGUNAAN METODE SUGESTI IMAJINASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK. Cakrawala Indonesia, 6(1), 1-7. https://doi.org/10.55678/jci.v6i1.393
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.