ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA PADA TEKS BIOGRAFI SISWA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang betujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan tanda baca yang ditemukan pada teks biografi yang ditulis oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Pangsid Kecamatan Maritengangae Kabupaten Sidenreng Rappang. Data diperoleh melaluiĀ wawancara, tes tertulis, dokumentasi dan klasifikasi data kemuddian dianalisis dengan teknik pengodean (cooding), pendeskripsian tiap-tiap kesalahan, pengklasifikasian dengan menggunakan persentase, dan membuat kesimpulan mengenai kesalahan terbesar sampai yang terkecil. Kesalahan terbesar pada penggunaan tanda baca yang ditemukan pada tulisan siswa yaitu kesalahan pada penghilangan tanda titik di akhir kalimat pernyataan dengan persentase 37,77%.
References
Arifin, EZ., dan Tassai SA. 2015 Cermat Berbahasa Indonesia Perguruan Tinggi. Jakarta: Akapres.
Hasrianti, A. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karangan Peserta Didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 213-222.
https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.618
Mawardi, Risal. 2019. Penelitian Kualtatif Pendekatan Grouded Theori. https://dosen.perbanas.id/penelitian-kualitatif-pendekatan-grounded-theory/ (diakses tanggal 12 Januari 2020).
Pujiatna, Tri. 2018. Penguasaan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Kemampuan Menulis Mahasiswa Baru Sebagai Bahan Penyusunan Silabus MKU Bahasa Indonesia Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon.Jurnal Pendidikan bahasadanSastraIndonesia.Vol5,No1http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.95 (diakses tanggal 12 Desember 2019).
Puspitasari, Yeti. 2014. Analisis Kesalahan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Pada Pragraf Deskriftip. Jurnal Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan.1-12, http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/25471/1/YETI%20PUSPITASARI-FITK.pdf (diakses tanggal 11 Desember 2020).
Ramdani., dan Dita Mulyani. 2016. Analisis kesalahan Penggunaan Tanda Baca Dalam Karangan Narasi. Jurnal Fakultas Bahasa Dan Sastra.1-10, http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4157 (diakses tanggal 12 Desember 2019).
Rajab, Ilmia. 2017. Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Menulis Teks Laporan hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pangkajenne Kabupaten Pangkep. Skripsi. Makassar: Program Strata 1 Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/5976/1/SKRIPSI%20ILMIA%20RAJAB.pdf (diakses tanggal 19 Januari 2020).
Rohimah, Ima. 2014. BUPENA Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication