PENERAPAN METODE EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA

  • Nurhayati Nurhayati SD Negeri 3 Macorawalie
Keywords: metode ekspositori, pembelajaran, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN 3 Macorawalie. Tujuan yang ingin dicapai adalah membuktikan bahwa dengan menerapkan  metode ekspositori dapat meningkatkan prestasi belajar IPA. Pengumpulan data  dilakukan melalui tes tertulis, observasi langsung, dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kondisi awal sebesar 4,8; pada siklus I meningkat menjadi 5,7; dan pada siklus II menjadi 6,7. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan metode ekspositori dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 3 Macorawalie.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional, Kerangka Dasar Kurikulum 2004, Jakarta: Puskur, 2004.
Fajarwati, Nurdiana & Budianto. 2020. Peranan Metode Ekspositori Terhadap Kemampuan Belajar IPA Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 15(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/35386.
Kamalia, K., Rasyid, R., Zain, S., & Kasman, N. (2020). Pengaruh Film Pendek Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Pangsid. Cakrawala Indonesia, 5(1), 7-9. Retrieved from https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/333
Lamalla, B., Hanafi, M., & Ecca, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Sparcol Videosribe Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa. Cakrawala Indonesia, 4(2), 9-12. Retrieved from https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/187
Ririantika, R., M, U., Aswadi, A., & Sakkir, G. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Tipe “Make A Match” terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Cakrawala Indonesia, 5(1), 1-6. Retrieved from https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/230
Soekartawi. 1996. Meningkatkan Efektifitas Mengajar. Jakarta:: Pustaka Jaya.
Sumanto. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : UNS press.
Published
2021-06-29
How to Cite
Nurhayati, N. (2021). PENERAPAN METODE EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA. Cakrawala Indonesia, 6(1), 29-35. https://doi.org/10.51817/jci.v6i1.435
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.