PENERAPAN METODE KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA

  • Sri Elanda Yunita Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Rustam Efendi Rasyid Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Takdir Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: metode kontekstual, pembelajaran, menulis puisi.

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis puisi siswa  kelas VII SMP Negeri 2 Alla Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen dengan menggunakan 2 jenis sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dari keseluruhan populasi sebanyak 4 kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran tersebut tergolong belum cukup efektif dikarenakan  beberapa  faktor  yang  menyebabkan  proses  terganggu  di  masa  pandemi covid-19 ini. Namun pada dasarnya, metode pembelajaran ini dapat digunakan secara berkelanjutan untuk dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa ataupun dipembelajaran kemampuan lainnya. Nilai t-hitung untuk variable kelas Eksperimen sebesar 99,888 dengan probabilitas (Sig.) 0,000, sedangkan untuk variable kelas Kontrol nilai t-hitungnya sebesar 69.534 (lebih rendah daripada t-hitung variable Kelas Eksperimen) dengan nilai probabilitas (Sig.) 0,000 < 0,05. Rata-rata dari nilai perolehannya kelas eksperimen sebesar 83.65 sedangkan kelas kontrol hanya sejumlah 76.58. Namun, untuk indeks gain skor yang diperoleh Kelas Eksperimen (dengan model pembelajaran Kontekstual) hanya sebesar 42.2 atau apabila dipersentasekan sebesar  42.2% dan termasuk dalam kategori kurang efektif.

References

Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Disekolah Dasar. Jakarta: departemen pendidikan nasional dierktorat jendral pendidikan tinggi direktorat ketenagaan.
Ahmad Rofi’uddin dan Darmiyati Zuhdi. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Blanchard. 2001. Metode Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Balai Pustaka.
Eleine B. Jhonson. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Angkasa.
Poerwadarminta. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka.
Sanjaya.2005. Contextual Teaching and Learning (CTL). Penerbit: Ghalia Indonesia


Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudirman. 2004 . Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Perkasa.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods) Edisi Keempat. Bandung : Alfabeta
Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang. 2019. Panduan Penulisan Skripsi. Rappang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
Wardani, Raka Joni. 2001. Batasan terhadap Pendekatan. Bandung: UPI dan Rosdakarya.
Published
2021-06-30
How to Cite
Yunita, S., Rasyid, R., & Takdir, M. (2021). PENERAPAN METODE KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA. Cakrawala Indonesia, 6(1), 36-43. https://doi.org/10.51817/jci.v6i1.436
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.