PENERAPAN METODE KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Alla Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen dengan menggunakan 2 jenis sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dari keseluruhan populasi sebanyak 4 kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran tersebut tergolong belum cukup efektif dikarenakan beberapa faktor yang menyebabkan proses terganggu di masa pandemi covid-19 ini. Namun pada dasarnya, metode pembelajaran ini dapat digunakan secara berkelanjutan untuk dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa ataupun dipembelajaran kemampuan lainnya. Nilai t-hitung untuk variable kelas Eksperimen sebesar 99,888 dengan probabilitas (Sig.) 0,000, sedangkan untuk variable kelas Kontrol nilai t-hitungnya sebesar 69.534 (lebih rendah daripada t-hitung variable Kelas Eksperimen) dengan nilai probabilitas (Sig.) 0,000 < 0,05. Rata-rata dari nilai perolehannya kelas eksperimen sebesar 83.65 sedangkan kelas kontrol hanya sejumlah 76.58. Namun, untuk indeks gain skor yang diperoleh Kelas Eksperimen (dengan model pembelajaran Kontekstual) hanya sebesar 42.2 atau apabila dipersentasekan sebesar 42.2% dan termasuk dalam kategori kurang efektif.
References
Ahmad Rofi’uddin dan Darmiyati Zuhdi. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Blanchard. 2001. Metode Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Balai Pustaka.
Eleine B. Jhonson. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Angkasa.
Poerwadarminta. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka.
Sanjaya.2005. Contextual Teaching and Learning (CTL). Penerbit: Ghalia Indonesia
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudirman. 2004 . Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Perkasa.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods) Edisi Keempat. Bandung : Alfabeta
Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang. 2019. Panduan Penulisan Skripsi. Rappang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
Wardani, Raka Joni. 2001. Batasan terhadap Pendekatan. Bandung: UPI dan Rosdakarya.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication