PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERPEN SISWA KELAS VIII MTS. NEGERI BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

  • Nurlindah Nurlindah STKIP Muhammadiyah Rappang
  • Rustam Efendy Rasyid STKIP Muhammadiyah Rappang
Keywords: Pengaruh,Jigsaw, Membaca, Cerpen

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap kemampuan membaca pemahaman cerita pendek siswa kelas VIII MTs. Negeri Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Negeri Baranti sebanyak 120 siswa. Sampel ditarik dari setiap kelas secara acak sebesar 35% dari populasi sebanyak 40 siswa. Siswa dengan nomor urut ganjil sebagai kelompok eksperimen dan siswa dengan nomor urut genap sebagai kelompok kontrol.Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi dan tes objektif tipe essay untuk mengukur keterampilan membaca siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik deskriptif melalui perhitungan mean (nilai rata-rata). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar  81,15 dan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 75,4. Hasil analisis data tersebut menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar daripada nilai kelompok kontrol. Dengan demikian, hipotesis kerja diterima dan hipotesis nihil ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model kooperatif jigsaw terhadap keterampilan membaca pemahaman cerpen siswa kelas VIII MTs. Negeri Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang.

References

Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rhineka Cipta.

Cochran. 1991. Teknik Penarikan Sampel (Terjemahan) Jilid III. Jakarta: UI-Press.

Basra, Muhammad. 2007. Kemampuan Membaca Intensif. Skripsi. Makassar. FKIP Unismuh.

Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Elimidadiany, Novi. 2008. Cooperatif Learning – Teknik Jigsaw. (Online), (http://mforum2.cari.com.my/redirect.php?tid= 118944&goto=lastpot. Html, Diakses 18 Juni 2009).

Fauzi, Imran. 2008. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. (Online), (http://mforum2.cari.com.my/redirect.php?tid=118944&goto=lastpot. Html, Diakses 18 Maret 2009.

Hidayat, Rahayu S. 2009. Pengetesan Kemampuan Membaca Secara Komunitas. Jakarta: Internusa.

Kosasih, E. 2007. 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Bahasa Indonesia untuk SMA/MA. Bandung : Yarama Widya.

Nurhadi. 2008. Membaca Cepat dan Efektif. Malang : Sinar Baru Algesindo

Nugrah Oka, Gusti. 2009. Pengantar Membaca dan Pengajarannya. Malang: Usaha Nasional.

Said, M. Ide. 2007. Keterampilan Membaca. Diktat. Makassar : Unismuh Makassar.

Slamet, H. Ahmad. 2001. Keterampilan Membaca. Jakarta : Depdiknas.

Soedarno. 2009. Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Sahrah, Siti. 2006. Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia. Skrispi. Makassar: Unismuh Makassar.

Setiawan, Budi. 2007. Keterampilan Membaca. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Taufik, Muhammad. 2007. Strategi Pembelajaran Membaca. Skripsi. Makassar: FKIP Unismuh.
Published
2019-08-26
How to Cite
Nurlindah, N., & Rasyid, R. (2019). PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERPEN SISWA KELAS VIII MTS. NEGERI BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. Cakrawala Indonesia, 1(1), 77-87. Retrieved from https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/44
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.