PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERPEN SISWA KELAS VIII MTS. NEGERI BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap kemampuan membaca pemahaman cerita pendek siswa kelas VIII MTs. Negeri Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Negeri Baranti sebanyak 120 siswa. Sampel ditarik dari setiap kelas secara acak sebesar 35% dari populasi sebanyak 40 siswa. Siswa dengan nomor urut ganjil sebagai kelompok eksperimen dan siswa dengan nomor urut genap sebagai kelompok kontrol.Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi dan tes objektif tipe essay untuk mengukur keterampilan membaca siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik deskriptif melalui perhitungan mean (nilai rata-rata). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 81,15 dan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 75,4. Hasil analisis data tersebut menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar daripada nilai kelompok kontrol. Dengan demikian, hipotesis kerja diterima dan hipotesis nihil ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model kooperatif jigsaw terhadap keterampilan membaca pemahaman cerpen siswa kelas VIII MTs. Negeri Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang.
References
Cochran. 1991. Teknik Penarikan Sampel (Terjemahan) Jilid III. Jakarta: UI-Press.
Basra, Muhammad. 2007. Kemampuan Membaca Intensif. Skripsi. Makassar. FKIP Unismuh.
Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Elimidadiany, Novi. 2008. Cooperatif Learning – Teknik Jigsaw. (Online), (http://mforum2.cari.com.my/redirect.php?tid= 118944&goto=lastpot. Html, Diakses 18 Juni 2009).
Fauzi, Imran. 2008. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. (Online), (http://mforum2.cari.com.my/redirect.php?tid=118944&goto=lastpot. Html, Diakses 18 Maret 2009.
Hidayat, Rahayu S. 2009. Pengetesan Kemampuan Membaca Secara Komunitas. Jakarta: Internusa.
Kosasih, E. 2007. 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Bahasa Indonesia untuk SMA/MA. Bandung : Yarama Widya.
Nurhadi. 2008. Membaca Cepat dan Efektif. Malang : Sinar Baru Algesindo
Nugrah Oka, Gusti. 2009. Pengantar Membaca dan Pengajarannya. Malang: Usaha Nasional.
Said, M. Ide. 2007. Keterampilan Membaca. Diktat. Makassar : Unismuh Makassar.
Slamet, H. Ahmad. 2001. Keterampilan Membaca. Jakarta : Depdiknas.
Soedarno. 2009. Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Sahrah, Siti. 2006. Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia. Skrispi. Makassar: Unismuh Makassar.
Setiawan, Budi. 2007. Keterampilan Membaca. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Taufik, Muhammad. 2007. Strategi Pembelajaran Membaca. Skripsi. Makassar: FKIP Unismuh.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication