KEMAMPUAN MENGAPRESIASIKAN UNSUR INSTRINSIK DAN EKSTRINSIK CERPEN “LAUT” KARYA NGURA PARSNA

  • Sartika Sartika Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Nuraini Kasman Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • A. Sadapotto Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: apresiasi, cerpen, unsur intrinsik, dan unsur ekstrinsik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengapresiasi unsur instrinsik dan ekstrinsik Cerpen “Laut” Karya Ngura Parsna. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah Baroko Kabupaten Enrekang yang berjumlah 36 orang, karena populasinya yang relatif kecil maka sampel yang digunakan adalah sampel populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan teknik tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif, dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu mangapresiasi unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis data yang menunjukkan sebanyak 31 orang (86,11%) yang memperoleh nilai 65 ke atas dan sebanyak 5 orang (13,9 %) yang memperoleh nilai kurang dari 65.

References

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Depdikbud, GBPP. 1993. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Herman J. Waluyo. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sudaryanto. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jilid I. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Minderop, A. (2010). Psikologi Sastra: Karya, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Published
2020-11-30
How to Cite
Sartika, S., Kasman, N., & Sadapotto, A. (2020). KEMAMPUAN MENGAPRESIASIKAN UNSUR INSTRINSIK DAN EKSTRINSIK CERPEN “LAUT” KARYA NGURA PARSNA. Cakrawala Indonesia, 5(2), 35-37. https://doi.org/10.55678/jci.v5i2.459

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.