KEMAMPUAN MENGAPRESIASIKAN UNSUR INSTRINSIK DAN EKSTRINSIK CERPEN “LAUT” KARYA NGURA PARSNA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengapresiasi unsur instrinsik dan ekstrinsik Cerpen “Laut” Karya Ngura Parsna. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah Baroko Kabupaten Enrekang yang berjumlah 36 orang, karena populasinya yang relatif kecil maka sampel yang digunakan adalah sampel populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan teknik tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif, dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu mangapresiasi unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis data yang menunjukkan sebanyak 31 orang (86,11%) yang memperoleh nilai 65 ke atas dan sebanyak 5 orang (13,9 %) yang memperoleh nilai kurang dari 65.
References
Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Depdikbud, GBPP. 1993. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Herman J. Waluyo. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sudaryanto. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jilid I. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Minderop, A. (2010). Psikologi Sastra: Karya, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication