MEMAHAMI CERITA RAKYAT MELALUI METODE INKUIRI
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Panca Rijang dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman cerita rakyat dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Panca Rijang yang berjumlah 68 orang, sedangkan sampelnya berjumlah 68 orang karena objeknya kurang dari 100 sehingga penelitian merupakan penelitian populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dalam bentuk mean. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap kemampuan siswa dalam membaca pemahaman cerita rakyat. Hal ini dilihat pada nilai antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrok yakni Mx=81,94>My =76,97. Perbedaan ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap kemampuan membaca pemahaman cerita rakyat Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Panca Rijang
References
Ecca, S., & Lanta, J. (2018). Penggunaan Teknik Teratai dalam Menulis Puisi. Seminar Nasional Bahasa Indonesia 1, 1(November 2018), 486–492.
Lanta, J. (2015). Pengajaran Cerpen melalui Strategi Multiple Intelliences di Sekolah Menengah. Seminar Internasional Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 147.
Manshur, A. (2016). Teknik Inkuiri Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SMP Plus Darussalam Blokagung Banyuwangi. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi, Dan Pemikiran Hukum Islam., 8(1), 84–94.
Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. PT Remaja Rosdakarya.
Ramdani, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode Inkuiri pada Siswa XI IPS SMA Wisuda Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(3).
Ririantika, R., M, U., Aswadi, A., & Sakkir, G. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Tipe “Make A Match” terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Cakrawala Indonesia, 5(1), 1–6.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication