RAGAM BAHASA IKLAN PADA MEDIA CETAK: KAJIAN PRAGMATIK

  • Rustam Efendy Rasyid Universitas Hasanuddin
Keywords: Ragam Bahasa, pilihan kata, tindak tutur.

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tindak tutur, praanggapan, implikatur, bentuk pilihan kata, dan faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan ragam bahasa iklan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari iklan surat kabar yaitu harian  Fajar  dan harian Tribun Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode observasi langsung dengan teknikcatat, dan rekaman. Pengambilan sampel dilakukan secara purposif. Data yang terkumpul dianalisis berdasarkan prinsip pragmatik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk tindak tutur yang ditemukan pada iklan berupa menetapkan atau menjelaskan, memerintahkan atau memohon, dan berterima kasih. Bentuk praanggapan yang digunakan yaitu: praanggapan eksistensial, faktif, dan struktural. Implikatur iklan dapat membantu pembaca untuk mendapatkan suatu penjelasan yang tersirat tentang sesuatu yang ditampilkan pengiklan, sehingga pembaca dapat memahami dan mengerti iklan sesuai konteks dan situasinya. Bentuk pilihan kata yang ditemukan pada iklan berupa pilihan kata keterangan, kata sifat, kata kerja, persona, ajakan, partikel, konjungsi intra-kalimat, sinonim, kalimat interogatif, numeralia, kosakata dalam bahasa daerah Makassar dan bahasa Asing. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi ragam bahasa pada iklan pada media cetak yaitu: adanya pengaruh komponen tutur yang meliputi: 1) waktu dan situasi; 2) pihak yang terlibat di dalam tuturan; 3) maksud dan tujuan tuturan; 4) bentuk dan isi ujaran; 5) nada dan cara pesan disampaikan; 6) bahasa yang digunakan; 7) norma atau aturan; 8) jenis bentuk penyampaian; 9) konteks; dan 10) sasaran yang dituju sebuah iklan.

 

References

Brown, G dan G Yule. (1996). Analisis Wacana (Edisi Terjemahan). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Edisuryadi. (2010). Aspek-Aspek Pragmatik: Tindak Tutur, Praanggapan, Implikatur. Artikel. http://edisuryadimaranaicindo.wordpress.com/2012/03/01/aspek-aspek-pragmatik-tindak-tutur-praanggapan-dan-implikatur-2/

Grice, H.P. (1975). Logic and Conversation. Sintax and Semantics, Speech Act. New York: Academic Press.

Kridalaksana, Harimurti. (1993).Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Leech, Geoffrey. Terj. M.D.D. Oka. (1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: UI Press.

Mahsun. (2005). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nababan, P.W.J. (1987). Ilmu Pragmatik. (Teori dan Penerapannya). Jakarta: Depdikbud. Dirjen Dikti. Proyek Pengembangan LPTK.

Purwo, Bambang Kaswanti (ed). (1990). Pragmatik dan Pengajaran Bahasa: Menyibak Kurikulum 1984. Yogyakarta: Karnisius.

Searle, John. R. (1980). Speech Acts: An Essay in The Philosophy of Languange Melbrone. Sidney: Cambridge Univerisy Press.
Published
2019-08-26
How to Cite
Rasyid, R. (2019). RAGAM BAHASA IKLAN PADA MEDIA CETAK: KAJIAN PRAGMATIK. Cakrawala Indonesia, 1(1), 121-130. Retrieved from https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/53
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.