PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

  • Herni Yastuti Universutas Puangrimaggaatung
  • A. Yusdarwati Yusuf M STKIP Cokroaminoto Pinrang
  • Muhlis Muhlis Universitas Puangrimaggalatung
Keywords: Kata Kunci : discovery learning , aktivitas siswa, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model pembelajaran discovery learning yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus dengan setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalahsiswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Tanasitolo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkanbahwa tujuan dari penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan.skor aktivitas secara keseluruhan adalah peningkatan 84%, sedangkan hasil belajar bahasa Indonesia mengalami peningkatan ketuntasan sebesar 100% dengan rata-rata nilai 85, 23 yang berada dalam kategori sangat tinggi. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa penerapan model Discovery Learningdapat meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Bahasa IndonesiaSiswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Tanasitolo Tahun pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci: discovery learning , aktivitas siswa, hasil belajar

Published
2021-11-26
How to Cite
Yastuti, H., M, A. Y., & Muhlis, M. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA. Cakrawala Indonesia, 6(2), 62-71. https://doi.org/10.55678/jci.v6i2.533

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.