EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING

  • A Yusdarwati Yusuf M STKIP Cokroaminoto Pinrang
  • Herni Yastuti Universitas Puangrimaggalatung
Keywords: Learning Effectiveness, Guided Discovery Method

Abstract

 Efektivitas Pembelajaran Dengan Metode Penemuan Terbimbing. Tujuan Penelitian Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI IPA.4  SMA Negeri 2 Pinrang yang diajarkan dengan metode penemuan terbimbing. Untuk mengetahui hasil belajar  siswa kelas XI IPA.4  SMA Negeri 2 Pinrang yang tidak diajarkan dengan metode penemuan terbimbing. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI IPA.4 SMAN 2 Pinrang yang mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing memperoleh nilai 61,025 dari hasil skor ideal 100 dengan standar deviasi 20,068. Hasil belajar siswa kelas XI IPA.4 SMAN 2 Pinrang dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yang diajar dengan menggunakan metode penemuan terbimbing lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode penemuan terbimbing.

References

Ali, Imran. 2014. Belajar dan Pembelajaran. PT. Dunia Pustaka Jaya: Jakarta.

Ecca, S., & Lanta, J. (2018). Penggunaan Teknik Teratai dalam Menulis Puisi. Seminar Nasional Bahasa Indonesia 1, 1(November 2018), 486–492.

Imran, Amien. 2016.. Belajar dan Pembelajaran. PT. Dunia Pustaka Jaya. Jakarta.

Jarome Bruner.2016. Meningkatkan Sisoal Skill Sisw. Pilot Print: Malang.

Lamalla, B., Hanafi, M., & Ecca, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Sparkol Videoscribe Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa. 5151(2), 9–12.

Markaban. 2016. Pelaksanaan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berjalan Dengan Efektif. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Kartini, 2016. Peningkatan Hasil Belajar melalui Metode Penemuan Terbimbing Dengan Setting Kooperatif Pada Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 12 Perumnas Makassar. Skripsi FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.

Roestiyah, N.K. 2015. Belajar Dengan Penemuan. Pixma: Yogyakarta.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Suherman, dkk. 2013. Strategi Pembelajaran Kontemporer.Bandung: Penerbit Universitas Pendidikan Indonesia.

Susilawati. 2013. Efektifitas Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Persamaan Kuadrat Siswa Kelas I SMU Negeri I Sungguminasa. Skripsi FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud. 20014. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta

Published
2021-11-30
How to Cite
Yusuf M, A., & Yastuti, H. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING. Cakrawala Indonesia, 6(2), 86-93. https://doi.org/10.55678/jci.v6i2.536

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.