ANALISIS KEBUTUHAN MATA PELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

  • Andi Sadapotto STKIP Muhammadiyah Rappang
Keywords: Pembelajaran, Integrasi, Penjasorkes, Sekolah Dasar.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan untuk terlaksananya pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan  di sekolah dasar. Penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah para guru pendidikan jasmani olahraga kesehatan berjumlah 12 orang dan guru kelas/mata pelajaran berjumlah 9 orang di Kota Makassar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan berbagai teknik pengumpulan data, yaitu: Focused-Group Discussion (FGD), wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Instrumen penelitian ini meliputi: Panduan FGD, Panduan Wawancara terstruktur, Lembar Observasi, dan Lembar dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif untuk datadata hasil kajian naratif terhadap berbagai temuan penelitian. Penelitian ini berhasil mengungkap berbagai kebutuhan pembelajaran penjasorkes yang terintegrasi dengan mata pelajaran lain. Kebutuhan tersebut adalah (1) penyamaan pemahaman tentang tujuan penjasorkes secara komprehensif, (2) diskusi secara intensif antara guru penjasorkes dan guru kelas untuk mengidentifikasi SKKD yang sesuai, dan (3) kolaborasi yang saling menguntungkan antara guru penjasorkes dan guru kelas untuk mengembangkan sarana prasarana dan media pembelajaran. Pembelajaran penjasorkes yang terintegrasi dengan mata pelajaran lain diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif inovasi pembelajaran masa depan di sekolah dasar.

Published
2019-08-26
How to Cite
Sadapotto, A. (2019). ANALISIS KEBUTUHAN MATA PELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Cakrawala Indonesia, 1(1), 131-139. Retrieved from https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/54
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.