KEMAMPUAN MENYIMAK WACANA NARASI SISWA KELAS VI SD NEGERI 5BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

  • Dwi Novita STKIP Muhammadiyah Rappang
  • Risman Hasan STKIP Muhammadiyah Rappang
  • Jumiati Lanta STKIP Muhammadiyah Rappang
Keywords: KEMAMPUAN MENYIMAK WACANA NARASI SISWA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan menyimak wacana narasisiswa kelas VI SD Negeri 5 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 5 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang periode tahun 2016/2017, terdiri atas 26 siswa. Penarikan sampel dilakukan sebanyak 100% atau sebanyak 26 siswa, yaitu keseluruhan dari jumlah populasi.

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes berupa alat tes untuk mengukur tingkat kemampuan menyimak wacana narasi siswa kelas VI SD Negeri 5 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase.

Hasil penelitian menunjukkansebanyak 9 siswa atau sebesar 34,62% siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas dan sebanyak 17 siswa atau sebesar 65,38% siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75. Hal ini membuktikan bahwa siswa kelas VI SD Negeri 5 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang belum mampu menyimak wacana narasi karena tidak mencapai target yang ditentukan yakni sebanyak 85% siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas.

References

Achmadi, Muchsin. 1990.StrategiBelajar Mengajar. Berbahasa dan Apresiasi Sastra: Yayasan Asih, Asah, Asuh.

Achsin, Amir. 1985. Pengajaran Menyimak. Ujung Pandang: Ikam Patuh.

Akhaidah. 1986. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:Erlangga.
Anggarini, Asih, dkk. 2006. Mengasah Keterampilan Menulis di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Arikunto, Suharsimi. 1992.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Bandung: Rineka Cipta.

Asdin. 1981. Program Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia. 1989. Kamus besar BahasaIndonesia. Jakarta Balai Pustaka.

Depdiknas.2006.Silabus dan Sistem Penilaian.Edaran. Jakarta:Depdiknas.
Djago, Tarigan.Keterampilan Menyimak.Modul 1-6.Jakarta: Universitas Terbuka.
Hadi, Sutrisno.1975. Statistik II. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas UGM.
Keraf, Gorys. 2004. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia.
Kuntarto, Niknik M. 2007. Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Lado, 1977. Teknik berpidato. Bandung : CV Pionir bandung.
Suryabrata, Sumadi. 1983. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suparno. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarat: Universitas Terbuka.
Syafi’ie, Iman. 1981. Pemahaman Bacaan. Malang: Dapertemen Pendidikan dan KebudayaanDirektoratJenderalPendidikanTinggiProyekPengembangan Pendidikan Diploma Kependidikan.
Tarigan, Henri Guntur. 1994.Pengantar Pendidikan.Bandung: Tarsito.
……………..1994.Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Published
2017-05-01
How to Cite
Novita, D., Hasan, R., & Lanta, J. (2017). KEMAMPUAN MENYIMAK WACANA NARASI SISWA KELAS VI SD NEGERI 5BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. Cakrawala Indonesia, 2(1), 10-16. Retrieved from https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/61
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.