PENGARUH METODE QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X1 IPA SMA NEGRI2 PANCARIJANG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG
Menulis karangan deksripsi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Quantum Writing terhadap kemampuan menulis karangan deskriptif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang yang berjumlah 118 siswa yang tersebar dalam empat kelas, sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel acak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan teknik statistik infrensial dalam bentuk t.tes. Berdasarkan hasil data menyatakan bahwa nilai empiris 4,90 lebih besar daripada nilai t.tabel pada taraf signifikansi 5% 2,048 yaitu dan pada taraf signifikansi 1% yaitu 2,763. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (H0) yang menyatakan: “Tidak ada pengaruh metode Quantum Writing terhadap kemampuan menulis karangan deskriptif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang tahun pelajaran 2016/2017 ”, ditolak. Sedangkan hipotesis kerja (Hi) yang menyatakan: “Ada pengaruh metode Quantum Writing terhadap kemampuan menulis karangan deskriptif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang tahun pelajaran 2016/2017 ”, diterima.
References
Ambari, Abdullah. 1983. Intisari Tata Bahasa Indonesia. Bandung: Djatnika.
Ali, Muh.1982. Penelitian Kependidikan. Prosedur Strategi.Bandung: Angkasa.
Alwasliah, T.C. (2007). Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat.
Arikunto, Suharsimi. 1982.Langkah-langkah Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru
Arikunto, Suharsimi (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Bastomi, Hepi Andi. 2012. Menghidupkan Tradisi Menulis: Buletin Al Bunyan
Departemen Pendidikan Nasional. (2008).Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama.
Djago Tarigan, H.G. Tarigan. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Elina Syarif, Zulkarnaini, Sumarno. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Jakarta: Andi.
Kartimi, Tiem. 2006. Perencanaan Menulis Karangan. Bogor Universitas Pakuan
Semi, M.A. (2007). Dasar-dasar KetrampilanMenulis. Bandung : Angkasa.
Sugiyono, Dr. 2010. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Penerbit Alfabeta.
Suryamiharja, Agus. 1996. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Sukardi, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara.
Suparno, Muhammad Yunus. 2007. Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka departemen Pendidikan Nasional.
Terigan,H.G. (1994).Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Hernowo. (2013).Quantum Writing : Cara Cepat Nan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Menulis. Mizan Learning Center: Bandung.
Keraf,G. (1982). Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta Nusa Indah
M. Atar Semi. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Romli, Asep Syamsul M. 2003. Lincah Menulis Pandai Berbicara. Bandung: Nuansa Cendikia.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication