PERANAN GURU MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS IX.3 SMA NEGERI 9 PINRANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca siswa di kelas X.3 SMA Negeri 9 Pinrang dan Untuk mengetahui pengaruh guru dalam membangkitkan motivasi dan minat baca siswa di kelas X.3 SMA Negeri 9 Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan dalam masalah ini adalah kualitatif deskriptif, yakni menjelaskan pemerolehan data maupun problem yang ditemukan di lapangan penelitian. Data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X.3 SMA Negeri 9 Pinrang yang berjumlah keseluruhan sebanyak 168 orang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik angket yang digunakan untuk mengumpulkan data mengenai peranan guru dalam memotivasi minat baca siswa. Hasil penelitian menunjukkan peranan guru dalam membangkitkan motivasi dan minat baca siswa melalui tiga tahap yakni: membagikan buku-buku bacaan yang sepadan dengan materi pelajaran, memberikan informasi tentang cara menggunakan waktu luang untuk melakukan aktivitas membaca pada saat di rumah atau membantu orang tua; dan membantu murid dalam pembagian waktu dan perencanaan jadwal belajar khususnya membaca yang benar.
References
Alim, Akkas. (2013). Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan dan Pemantapanrrya, Jakarta : Rajawali.
Azhar, Ashari. (2012). Pendidikan Untuk Kualitas Manusia, IKIP, Ujung Pandang¬
Dalman, (2012). Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Rekonstruksi dan Demokratisasi, Jakarta : Buku Kompas.
M., A. Y. Y., & Herniyastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing. Cakrawala Indonesia, 6(2), 86–93.
Nana, Sudjana. (2013). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.
Priyanti, Tri iEndah. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : PT. Bumi Aksara. Slameto, Drs, 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen, Yogyakarta: Alfabeta.
Suherman. (2013). Metode Statistik, Bandung : Tarsito.
Wina, Sanjaya. (2014). Motivasi Pembelajaran, Bandung: Fajar
Witanto. (2014). Pendidikan Manusia Indonesia, Jakarta : Buku Kompas.
Yunus, Abidin. (2012). Menjadi Manusia Pembelajaran Jakarta : Kompas Media Nusantara.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication