PERANAN GURU MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS IX.3 SMA NEGERI 9 PINRANG

  • A Yusdarwati Yusuf M STKIP Cokroaminoto Pinrang
  • Nurhayati Jafar STKIP Cokroaminoto Pinrang
Keywords: peranan, guru, minat baca, membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca siswa di  kelas X.3 SMA Negeri 9 Pinrang dan Untuk mengetahui pengaruh guru dalam membangkitkan motivasi dan minat baca siswa di  kelas X.3 SMA Negeri 9 Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan dalam masalah ini adalah kualitatif deskriptif, yakni menjelaskan pemerolehan data maupun problem yang ditemukan di lapangan penelitian. Data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X.3 SMA Negeri 9 Pinrang yang berjumlah keseluruhan sebanyak 168 orang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik angket yang digunakan untuk mengumpulkan data mengenai peranan guru dalam memotivasi minat baca siswa. Hasil penelitian menunjukkan  peranan guru dalam membangkitkan motivasi dan minat baca siswa melalui tiga tahap yakni: membagikan buku-buku bacaan yang sepadan dengan materi pelajaran, memberikan informasi tentang cara menggunakan waktu luang untuk melakukan aktivitas membaca pada saat di rumah atau membantu orang tua; dan membantu murid dalam pembagian waktu dan perencanaan jadwal belajar khususnya membaca yang benar.

References

Alim, Akkas. (2013). Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan dan Pemantapanrrya, Jakarta : Rajawali.

Azhar, Ashari. (2012). Pendidikan Untuk Kualitas Manusia, IKIP, Ujung Pandang¬

Dalman, (2012). Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Rekonstruksi dan Demokratisasi, Jakarta : Buku Kompas.

M., A. Y. Y., & Herniyastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing. Cakrawala Indonesia, 6(2), 86–93.

Nana, Sudjana. (2013). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.

Priyanti, Tri iEndah. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : PT. Bumi Aksara. Slameto, Drs, 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen, Yogyakarta: Alfabeta.

Suherman. (2013). Metode Statistik, Bandung : Tarsito.

Wina, Sanjaya. (2014). Motivasi Pembelajaran, Bandung: Fajar

Witanto. (2014). Pendidikan Manusia Indonesia, Jakarta : Buku Kompas.

Yunus, Abidin. (2012). Menjadi Manusia Pembelajaran Jakarta : Kompas Media Nusantara.

Published
2022-05-31
How to Cite
Yusuf M, A., & Jafar, N. (2022). PERANAN GURU MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS IX.3 SMA NEGERI 9 PINRANG. Cakrawala Indonesia, 7(1), 25-33. https://doi.org/10.55678/jci.v7i1.641
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.