MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)

  • Herni Yastuti Universutas Puangrimaggaatung
  • Ratnawati Umar Universitas Puangrimaggalatung
  • A. Yusdarwati Yusuf M STKIP Cokroaminoto Pinrang
  • Arisa Arisa Universitas Puangrimaggalatung
  • Nur Rahmi Universitas Puangrimaggalatung
Keywords: keterampilan berbicara, strategi pembelajaran, think pair share

Abstract

Metode penelitian  tersebut menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK termasuk jenis tindakan refleksi diri dalam dunia pendidikan. Subjek penelitian yaitu kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Lilirilau. Penelitian ini berfokus pada proses dan hasil keterampilan lisan siswa melalui strategi pembelajaran kolaboratif tipe Think Pair Share, yang diselesaikan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua sesi antara peneliti dan pendidik. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data, meninjau catatan, dan mengamati. Analisis data dirancang untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara siswa. Pada siklus I 8 siswa meningkat menjadi 15 siswa (46,9%) dengan nilai 70, kemudian pada siklus II sebanyak 28 siswa (87,5%) mendapat nilai 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih aktif di kelas melalui peningkatan dalam menyatakan dukungan, sanggahan, atau penolakan dalam diskusi melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe thinking-to-share (TPS) selama proses pembelajaran.

References

Anggoro, M. T. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsjad, Maidar G dan Mukti. (2017). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Herniyastuti, H., M, A. Y. Y., & Muhlis, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Cakrawala Indonesia, 6(2), 62–71. https://doi.org/10.55678/jci.v6i2.533

Isjoni. (2012). Cooperative Learning: Mengembangkan Belajar Kemampuan Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Karti, H dan Odhita. (2014). Implementasi KTSP: dalam Model-Model Pembelajaran. Jember: Generasi Info Media.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Lasmanah, A. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Kooperatif Teknik Think Pair Share (Tps) (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas Vii-a Smpn Sukasari Sumedang. Jurnal Analisa, 2(3), 18–26.

Satria, H. (2021). Pengaruh Teknik Cooperative Learning Berbasis Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Dasar-Dasar Elektronika. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 17. https://doi.org/10.22373/crc.v5i1.8085

Slameto. 2014. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Tarigan, H. G. 2010. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published
2022-05-31
How to Cite
Yastuti, H., Umar, R., M, A. Y., Arisa, A., & Rahmi, N. (2022). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS). Cakrawala Indonesia, 7(1), 15-24. https://doi.org/10.55678/jci.v7i1.642
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.