MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)
Abstract
Metode penelitian tersebut menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK termasuk jenis tindakan refleksi diri dalam dunia pendidikan. Subjek penelitian yaitu kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Lilirilau. Penelitian ini berfokus pada proses dan hasil keterampilan lisan siswa melalui strategi pembelajaran kolaboratif tipe Think Pair Share, yang diselesaikan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua sesi antara peneliti dan pendidik. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data, meninjau catatan, dan mengamati. Analisis data dirancang untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara siswa. Pada siklus I 8 siswa meningkat menjadi 15 siswa (46,9%) dengan nilai 70, kemudian pada siklus II sebanyak 28 siswa (87,5%) mendapat nilai 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih aktif di kelas melalui peningkatan dalam menyatakan dukungan, sanggahan, atau penolakan dalam diskusi melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe thinking-to-share (TPS) selama proses pembelajaran.
References
Anggoro, M. T. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arsjad, Maidar G dan Mukti. (2017). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Herniyastuti, H., M, A. Y. Y., & Muhlis, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Cakrawala Indonesia, 6(2), 62–71. https://doi.org/10.55678/jci.v6i2.533
Isjoni. (2012). Cooperative Learning: Mengembangkan Belajar Kemampuan Berkelompok. Bandung: Alfabeta.
Karti, H dan Odhita. (2014). Implementasi KTSP: dalam Model-Model Pembelajaran. Jember: Generasi Info Media.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Lasmanah, A. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Kooperatif Teknik Think Pair Share (Tps) (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas Vii-a Smpn Sukasari Sumedang. Jurnal Analisa, 2(3), 18–26.
Satria, H. (2021). Pengaruh Teknik Cooperative Learning Berbasis Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Dasar-Dasar Elektronika. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 17. https://doi.org/10.22373/crc.v5i1.8085
Slameto. 2014. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Tarigan, H. G. 2010. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication